Manfaat Buah Merah Dari Tanah Papua Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah merah (Pandanus conoideus) merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di wilayah Papua. Buah ini dipercaya oleh masyarakat Papua dalam mengobati berbagai macam penyakit dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Di Papua, buah merah sering dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Biji dan daging dari buah merah ini juga diolah dengan cara ditumbuk, dicampur dengan air, kemudian disaring untuk menghasilkan saus merah kental yang digunakan sebagai bumbu masakan. Bahkan, minyak dari ekstrak buah merah ini juga sering digunakan sebagai penyedap makanan serta pewarna alami pada masakan.

Selain menjadi makanan, buah merah juga digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Papua. Hal tersebut dikarenakan buah merah dipercaya mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh seseorang terhadap berbagai penyakit.

Manfaat buah merah untuk kesehatan

Dalam buah merah memiliki berbagai kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, serta kandungan antioksidan, seperti vitamin E, vitamin C, alfa-karoten, beta-karoten serta zat warna antioksidan.

Bahkan, buah merah dipercaya mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan, yaitu:

  • Mempunyai efek antikanker

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di laboratorium mengatakan bahwa buah merah mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, misalnya pada kanker ovarium, kanker usus besar, serta kanker payudara.

Tetapi penelitian secara klinis untuk membuktikan manfaat ini masih sangat sedikit, sehingga klaim terhadap buah ini sebagai antikanker masih harus dilakukan penelitian yang lebih lanjut.

  • Mempunyai sifar antiperadangan

Buah merah juga mempunyai sifat antioksidan kuat yang bisa mengurangi perdangan dalam tubuh. Manfaat inilah yang menjadikan buah merah berpotensi sebagai salah satu obat alternatif untuk penyakit radang usus yang kemungkinan dapat berkembang menjadi kanker usus. Walaupun demikian, belum banyak penelitian ilmiah yang secara khusus membuktikan akan efek buah merah dalam meredakan peradangan.

  • Menurunkan kolesterol jahat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap ekstrak buah merah ditemukan dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Tetapi penelitian ini masih dilakukan terhadap hewan, sehingga manfaat dari buah merah dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada manusia masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

  • Mempunyai sifat antivirus dan antimikroba

Buah merah juga dipercaya dapat membantu mengobati penyakit HIV serta TBC, hal ini dikarenakan buah ini dapat membunuh virus serta bakteri tertentu. Namun sayangnya, manfaat ini masih belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

Tingginya kandungan beta-karoten dalam buah merah juga dapat memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Beta-karoten adalah salah satu jenis senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga mampu membantu memelihara kesehatan kulit, mengurangi risiko kanker, serta penyakit mata seperti degenerasi makula.

Sejauh ini, manfaat dari buah merah terhadap kesehatan masih belum mendapatkan dukungan dari bukti-bukti yang kuat. Oleh sebab itu, berbagai penelitian masih harus dilakukan untuk mengetahui manfaat buah merah yang sebenarnya.

Buah merah juga dapat dikonsumsi sebagai salah satu makanan dengan sumbur nutrisi. Tetapi perlu untuk diingat, bahwa bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit ginjal atau hati, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.