Manfaat Bunga Pepaya Yang Tidak Kalah Dengan Buahnya

Hidup Sehat – Ada berbagai macam manfaat yang bisa diambil dari tanaman pepaya. Bukan hanya berasal dari buahnya, bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini juga mempunyai berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang dihasilkan dari bunga pepaya adalah untuk membantu memelihara kesehatan jantung.

Manfaat yang dihasilkan dari bunga pepaya ini didapat dari berbagai kandungan nutrisinya mulai dari kalium, natrium, beta karoten, mineral, lemak, karbohidrat, serta protein.

Beragam manfaat dari bunga pepaya

Walaupun masih terus dalam penelitian, ada berbagai manfaat yang dihasilkan dari bunga pepaya yang dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa diantaranya:

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Dalam bunga pepaya terdapat berbagai macam kandungan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, salah satunya adalah kandungan kalium. Mineral kalium dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta menudukung kerja otot, saraf, serta jantung.

Memelihara kesehatan jantung

Kandungan beta karoten yang terdapat dalam bunga pepaya dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian yang dilakukan mengatakan bahwa dengan mengonsumsi sayuran yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta beta karoten, dapat membantu menurunkan risiko terserang penyakit jantung serta jenis kanker tertentu. Walaupun demikian, hal tersebut masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Memelihara kesehatan jaringan serta daya tahan tubuh

Salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi ialah bunga pepaya. Kandungan protein yang dimiliki bunga pepaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya ialah membangun serta memperbaiki sistem jaringan tubuh. Bahkan, kandungan protein yang terdapat dalam bunga pepaya juga merupakan sumber energi untuk tubuh, yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara menghilangkan pahit bunga pepaya

Rasa yang pahit dari bunga pepaya terkadang membuat Anda jarang untuk mengonsumsinya. Untuk itu, berikut ini ada cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit dalam bunga pepaya, yaitu:

1. Rebus dengan daun singkong

Pertama-tama, cucilah bunga pepaya sampai bersih, kemudian rebus bunga pepaya dengan daun singkong. Keduanya memiliki rasa yang pahit, tetapi jika Anda merebusnya secara bersama-sama dipercaya dapat menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya tersebut.

2. Menggunakan garan serta daun jambu

Remas bunga pepaya yang sudah ditaburi garam, kemudian diamkan selama 10 menit. Selelah itu, Anda dapat membilasnya dan merebusnya di dalam air yang sudah ditambahkan daun jambu.

3. Rebus dengan air dan tanah liat

Anda juga dapat menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya dengan merebusnya di dalam air yang telah diberikan sedikit tanah liat. Rebus bunga pepaysa sapai dalam keadaan setengah matang, kemudian angkat dan bila sampai bersih sebelum Anda mengoalahnya menjadi masakan.