Pikiran Positif, Awal Untuk Hidup Sehat

Hidup Sehat – Memiliki pikiran yang positif dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa seseorang. Pikiran positif dapat menuntun seseorang untuk bertindah serta bersikap lebih baik dalam menghadapi berbagai masalah.

Walaupun kaitan antara pikiran positif dengan kesehatan tubuh sering disangsikan, tetapi memiliki kemungkinan ada kaitannya. Berdasarkan beberapa penelitian yang mulai membuktikan bahwa berpikir positif dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari berpikir positif:

  • Lebih baik dalam melawan stres

Salah satu kemampuan seseorang yang selalu memiliki pikiran positif adalah lebih baik dalam mengontrol stres. Pikiran positif dapat menghasilkan optimisme dan sebuah pendekatan diri yang lebih baik dalam berpikir dan menghadapi berbagai masalah. Hal tersebut adalah salah satu kunci yang harus dilakukan untuk mengendalikan stres. Manajemen yang baik dalam mengehadapi berbagai masalah dan stres adalah salah satu poin penting untuk memelihara kesehatan tubuh dan jiwa.

Dalam berbagai hal, stres mempunyai berbagai efek yang dapat membahayakan kesehatan. Beberapa kondisi kesehatan yang berkaitan dengan stres adalah sakit kepala, peningkatan tekanan darah, depresi, serta kecemasan. Jika dibiarkan, hal ini dapat memperburuk keadaan seseorang, apabila seseorang tersebut mencoba mengurangi stres dengan cara mengonsumsi alkohol, merokok, atau menggunakan obat-obatan terlarang.

Untuk Anda yang berpikir dan bertindak dengan hal positif cenderung memiliki kualitas serta gaya hidup yang lebih baik, seperti lebih sehat dalam pengelolaan diet, lebih sering olahraga, dan tidak belebihan dalam mengonsumsi rokok dan alkohol.

  • Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Salah satu potensi yang bisa diperoleh saat Anda berpikir dan bertindak positif ialah meminimalkan peradangan serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Bagaimana pengaruh antara pikiran positif dengan berkurangnya risiko penyakit jantung masih belum dapat dibuktikan dengan pasti.

Akan tetapi hal ini diperkirakan adanya efek yang diberikan dari pikiran positif seperti dapat membantu seseorang untuk mengambil serta membuat keputusan yang lebih baik, mengurangi stres, serta memelihara sistem kekebalan tubuh sehingga jantung terlindungi dari penyakit.

  • Mempercepat masa penyembuhan

Berpikir positif juga dapat menuntun seseorang untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih baik saat mengalami penyakit berat. Berdasarkan sebuah riset, mereka yang menghadapi penyakit dengan optimisme lebih bisa mendapatkan pemulihan yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang sudah menyerah. Pikiran positif ini selanjutnya memberikan tindakan-tindakan yang dapat mendukung kesembuhan, salah satunya adalah rajin mengonsumsi obat serta rutin melakukan perawatan.

  • Meningkatkan kesehatan pada lansia

Bahkan untuk para lansia sekalipun, memiliki pikiran positif akan berperan signifikan dalam membantu proses pemulihan. Sebuah hasil riset mengatakan bahwa memiliki pikiran positif dapat membantu jantung membatasi respons akan kondisi stres. Bahkan, pikiran positif juga memberikan peran dalam membentuk perilaku hidup sehat, stabilitas fisik, efektivitas diri, serta memperlambat pikun. Tetapi untuk mendukung sifat positif ini, harus ada dukungan dari keluarga serta orang-orang terkasih.