Payudara kendur Setelah Menyusui, Ternyata Itu Salah

Hidup Sehat – Payudara yang kendur menjadi salah satu alasan mengapa banyak wanita tidak mau menyusui. Padahal, kegiatan menyusui tidaklah menjadi satu-satunya faktor yang menyebabkan payudarah kendur.

Secara alami, tubuh wanita mempunyai kemampuan dalam mengeluarkan air susu yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Jumlah air susu yang terdapat dalam payudara juga menyesuaikan dengan kebutuhan si bayi, termasuk pada saat Anda mempunyai bayi kembar ataupun menyusui pada saat hamil. Semakin sering wanita menyusui bayi, maka semakin banyak juga suplai air susu dalam payudara. Dengan begitu dapat diartikan bahwa persediaan air susu pada payudara di sesuaikan berdasarkan kebutuhan bayi.

Pengaruh kulit dan jaringan payudara

Selama masa kehamilan sampai menyusui, payudara seorang wanita dapat memiliki ukuran dan bentuk yang berubah-ubah. Saat seorang wanita telah selesai masa menyusui, sebagain wanita mengalami perubahan pada payudara, tetapi sebagian wanita lagi mengalami payudara yang mengendur. Hal tersebut dikarenakan, aliran air susu pada saat seorang wanita menyusui membuat kulit serta jaringan payudara meregang. Pada saat masa menyusui selesai dan jaringan payudara tidak lagi menghasilkan air susu, beberapa wanita mengalami penyusutan terhadap bentuk payudara dan terlihat mengendur.

Sebenarnya, banyak faktor yang dapat membuat perubahan pada payudara selain kegiatan menyusui, seperi memiliki ukuran indeks masa tubuh, usia, merokok, beberapa kehamilan yang dialami, serta memiliki ukuran payudara yang besar sebelum hamil. Bahkan hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik.

Bila selama ini, bra dipercaya dapat mencegah terjadinya payudara kendur. Ternyata, sebuah penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu 15 tahun mengatakan bahwa, hal itu justru berlaku sebaliknya. Otot yang terdapat pada payudara wanita yang memakai bra sebenarnya lebih lemah, hal tersebut terlihat pada pengukuran puting payudara dari pundah yang lebih rendah.

Peneliti mengatakan bahwa kemungkinan hal tersebut dikarenakan otot pada payudara kurang bekerja secara optimal jika didukung oleh bra. Walaupun begitu, peneliti juga menegaskan bahwa efek ini tidak mutlah disebabkan oleh pemakaian bra, ada faktro lainnya yang secara alami membuat perubahan bentuk serta kekencangan payudara, yaitu usia dan perubahan hormon.

Hal penting yang harus diketahui setiap wanita adalah payudara kendur akan tetap terjadi, walaupun wanita tersebut melakukan kegiatan menyusui atau tidak. Namun ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengencangkan payudara kendur.

Mencegah payudara kendur

Selama ini, operasi pembesaran payudara sudah banyak dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Namun kebanyakan wanita saat ini memilih untuk melakukan pengangkatan payudara kendur, jika dibandingkan dengan operasi pembesaran payudara. Tindakan bedah kosmetik ini dinamakan mastopeksi, yang dimana operasi dilakukan untuk memperbaiki payudara yang kendur serta mengubah posisi puting dan areola pada payudara.

Namun, sebaiknya Anda tidak terburuh-buruh untuk memilih tindakan operasi, dikarenakan ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah payudara kendur:

  • Melakukan olahraga yang dapat mendukung otot bagian payudara, seperi push up, side plank, ataupun melakukan angkat beban,
  • Rajin membersihkan payudara,
  • Mempertahankan berat badan ideal,
  • Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah segar,
  • Lepaskan bra yang biasa digunakan pada saat santai di rumah,
  • Berhenti merokok.

Payudara kendur bukan semata-mata dikarenakan proses kegiatan menyusui, banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Lakukan tips diatas untuk membantu Anda mengurangi kemungkinannya. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter bedah pelastik untuk menentukan tindakan bedah lanjutan yang dapat disarankan untuk membantu memperbaiki konsisi payudara Anda. Patikan juga untuk mempertimbangkan risiko yang dapat terjadi dan juga manfaat yang didapatkan.