3 Cara Agar Tidur Lebih Cepat

 

HIDUP SEHATTidur yang nyenyak menjadi impian semua orang. Namun, sebagian orang masih kesulitan tidur di malam hari. Jika sudah begitu aktivitas di pagi hari menjadi terganggu karena badan terasa tidak bugar.

Ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni pola tidur yang berantakan, kebiasaan begadang, stress, atau pikiran yang mengganggu.

Pada awalnya, susah tidur mungkin akan mengganggu kebugaran tubuh saja. Namun, efek lanjutan dari hal ini akan berdampak pada obesitas atau kelebihan berat badan, kekebalan tubuh yang menurun, terganggunya sistem metabolisme, dan risiko terkena penyakit berbahaya lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kualitas tidur agar tubuh tetap sehat dan bugar. Berikut Suara.com – jaringan Saibumi.com hadirkan cara tidur cepat di malam hari :

Atur jam tidur
Cobalah untuk mengatur jam tidur terlebih dahulu. Jika jam tidur orang dewasa adalah tujuh sehingga delapan jam per hari. Maka, tentukan jam tidur dan jam bangun tidur yang ideal menurut anda. Patuhi jam tidur ideal anda secara konsisten dan kontinyu.

Rileks
Sebelum berbaring, biarkanlah kaki, lengan, dan bahu rileks. Setelah itu, lemaskan semua bagian tubuh dan jernihkan pikiran. Coba untuk menghirup nafas dalam-dalam, kemudian keluarkan. Lakukan berulang-ulang hingga menemukan titik rileks-nya.

Konsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh dan menurunkan risiko insomnia. Mulailah untuk mengonsumi sayur-sayuran, buah-buahan, biji – bijian dan makanan bergizi seimbang lainnya.

Begitulah cara mudah agar cepat tidur di malam hari. Mudah bukan? Selamat mencoba!