Meski Bau, Ternyata Petai Mempunyai Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Hidup Sehat – Saat mendengar kata petai mungkin yang di bayangkan adalah baunya, Namun tahukan anda ternyata petai memiliki manfaat bagi kesehatan lho! Seperti berikut penjelasan manfaat petai yang perlu anda tahu.

Petai atau Parkia Speciosa merupakan tanaman yang banyak tumbuh di negara-negara Asia. Termasuk dengan negara Indonesia, Petai memang terkenal dengan rasa yang tajam dengan bau yang bisa bertahan hingga berjam-jam lamanya. Karena dengan bau itulah petai mendapat julukan yaitu “Biji Berbau Setan”. Akibatnya banyak orang yang tidak senang memakan petai karena aromanya.

Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Petai merupakan salah satu makanan yang sangat di gemari oleh banyak orang tentunya masyarakat Indonesia. Memiliki kandungan nutrisi untuk kesehatan yang tidak bisa di sepelekan. Dalam satu butir petai, mengandung karbohidrat, protein, mineral (kalsium, magnesium, fosfor, potasium, dan zat besi) serta adanya serat bagi sistem pencernaan. Selanjutnya masih banyak lagi yaitu mengandung komponen bioaktif dan antioksidan, seperti flavonoid, fenol, terpenoid, stigmaterol, lepeol, serta campesterol.

1. Menyehatkan Organ Dalam

Komponen dan antioksidan, seperti flavonoid, fenol, dan alkaloid yang dapat menangkal radikal bebas seperti hidrogen peroksida, anion, hidroksil, dan superoxide. Untuk radikal bebas sendiri sangat reaktif pada tubuh manusia yang dapat merusak jaringan pada organ vital seperti hati, jantung, ginjal.

2. Mengobati Masalah Lambung

Petai dapat dipercaya menetralkan asam lambung sekaligus dengan mengobati luka lambung sehingga rasa perih pada area perus akan berkurang. Petai juga terdapat antasida sehingga dapat mengurangi rasa panas yang ada di dada saat makan berlebihan ataupun kekenyangan.

3. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang berada di dalam petai secara teori bisa mengatasi anemia yang penderitanya dapat merangsang produksi sel darah merah. Namun bisa mengatasi anemia, penderita anemia tetap harus mengonsumsi obat-obatan dari dokter, karena jumlah zat besi yang berada di dalam petai tidak terlalu signifikan.

4. Meningkatkan Kemampuan Otak

Petai mengandung kalium yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan kemampuan otak, hasil penilitian menyebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi petai saat sarapan dan makan siang dapat menyelesaikan masalah dengan mudah.

5. Meredakan Stres

Kandungan tryptophan di dalam petai bisa meredakan stres membuat tubuh lebih rileks dan tentunya bisa meningkatkan suasana hati.