Beberapa Cara Tepat dan Ampuh Kurangi Kadar Gula Darah

Hidup Sehat – Kadar gula darah menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya, yang salah satunya ialah diabetes. Diabetes akan memicu terjadinya komplikasi penyakit apabila tidak di tangani dengan baik.

Ditambah lagi untuk saat ini belum ditemukan obat yang efektif bagi diabetes. Maka dari itu salah satunya cara untuk menghindari diabetes sejak dini dengan hidup sehat. Berikut cara ampuh untuk mengurangi asupan kadar gula yang ada di makanan.

> Konsumsi makanan dalam bentuk asli

Cara untuk mengontrol kadar gula harian dengan adanya menginsumsi makanan bisa dalam bentuk aslinya, dan bukan betuk olahan. Gula alami yang terkandung dalam makanan terutama di buah-buahan segar, dengan mengonsumsi buah-buahan segar dengan begitu sudah cukup sehingga gula dalam bentuk olahan tidak diperlukan lagi.

> Hindari gula tambahan

Jangan terkecoh dengan label rendah lemak dan label sehat juga masih bisa mengandung gula tambahan. Dengan gula tambahan biasanya terkandung pada jus buah kemasan, yogurt berperisa, minuman kemasan energi, serta sereal kemasan hingga salah siap saji. Dengan begitu mencermati label kadar gula yang terkandung dalam makanan serta minuman sangatlah penting sebelum membeli produk.

> Tidur yang cukup

Penuhilah kebutuhan istirahat dengan tidur teratur. Kurang tidur akan menyebabkan proses metabolisme tubuh yang akan terganggu. Selain itu, kurang tidur juga akan menyebabkan rasa lapar sehingga menyebabkan ingin mengonsumsi lebih banyak makanan. Dengan begitu, kadar gula darah akan mengalami peningkatan.

> Hindari minuman manis

Jumlah kalori yang terdapat pada segelas teh manis bisa mencapai 300 kalori. Dimana saat makan sehari 3 kali lalu di temani dengan teh manis, tentu asupan kalori dalam tubuh 1000 kalori. Padahal jumlah kalori yang di butuhkan oleh tubuh sekitar 1900 kalori per harinya dengan begitu separuh kebutuhan kalori sudah kita penuhi dengan hanya munum teh manis.

> Cek gula darah secara rutin

Hal yang bisa mengontrol asupan gula per hari ialah dengan rutin melakukan cek gula darah. Hal tersebut membantu mengetahui bagaimana tubuh bisa bereaksi terhadap makanan, maka dari itu bisa melakukan penyesuaian dalam mengonsumsi makanan ataupun obat-obatan yang lainya.