Tidak Banyak Orang Yang Tahu, Ini Dia Manfaat Kulit Kentang

Hidup Sehat – Kebanyakan orang pasti belum tahu tentang kulit kentang yang mempunyai khasiat beragam untuk kesehatan lho! Banyak orang yang main membuangnya saja tanpa mengetahui khasiatnya.

Kulit kentang kerap menjadi sampah dan terbuang begitu saja setelah kentang berhasil di kupas. Telah diketahui dalam kulit kentang terkandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, kalium, zinc, mangan, serta asam folat, dan vitamin B6 . Dengan begitu jika kita membuang kulit kentang kita akan kehilangan nutrisi baik yang terkandung di dalamnya. Terus, apa aja sih manfaat kulit yang berguna untuk tubuh? Berikut ini penjelasnya.

1. Melancarkan pencernaan

Kulit kentang mengandung serat yang bagus untuk pencernaan tubuh kita. Dengan begitu kulit kentang sangatlah cocok menjadi makanan sehat bagi penderita penyakit diabetes karena kulit kentang mengandung lemak yang rendah dan tinggi akan serat. Makan kulit kentang akan membuat seseorang jadi lebih sehat dan tentunya terhindar dari penyakit susah buah air besar atau sembelit.

2. Bantu tingkatkan daya tahan tubuh

Adanya kandungan vitamin B6 yang ada pada kulit kentang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Vitamin B6 ini sangatlah penting sebagai nutrisi untuk kelancaran fungsi kulit, darah, juga sistem saraf pusat. Tidah hanya dengan kulit kentang, vitamin B6 juga bisa kamu peroleh dari sumber makanan lainnnya seperti telur, daging ayam, juga kacang-kacangan.

3. Baik untuk menjaga organ ginjal

Manfaat lain yang terdapat pada kulit kentang adalah dapat menjaga kesehatan organ ginjal. Karena adanya kandungan kalium pada kulit kentang. Kalium tersebut baik untuk menjaga sistem saraf, organ ginjal, jantung, dan juga otot pada tubuh kita. Maka dari itu, mengonsumsi kentang bersama dengan kulitnya sangat baik bagi memenuhi kebutuhan kalium harian pada tubuh.

4. Bantu turunkan kolesterol pada tubuh

Kandungan mangan yang terdapat di kulit kentang tentunya dapat menurunan kolesterol pada tubuh. Untuk itu bagus bagi yang ingin menurunkan kadar kolesterolnya. Adapun tubuh kita membutuhkan mangan untuk mengolah karbohidrat, kolesterol dan juga protein yang masuk ke dalam tubuh. Karenanya zat yang satu ini sangat penting bagi tubuh kita agar bisa bekerja secara optimal.

5. Cegah radikal bebas

Tedapat kandungan vitamin C pada kulit kentang dapat berfungsi sebagai antioksidan pada tubuh. Oleh karena itu, dapat membantu tubuh mencegah radikal bebas yang bisa membuat sel-sel tubuh rusak. Tak hanya itu, bahaya radikal bebas juga bisa memicu seseorang terkena penyakit berbahaya seperti kanker. Maka mengonsumsi makanan mengandung vitamin C, tubuh akan lebih kebal terhadap penyakit.