Si Kecil Bernutrisi, Ini Dia 5 Manfaat Putren Atau Jagung Muda

Hidup Sehat – Putren atau kebanyakan orang menyebutnya dengan jagung muda. Pada dasarnya putren ialah jagung yang di panen lebih awal. Ukuranya yang kecil dari umumnya disebut dengan baby corn.

Namun meski ukuranya terbilang kecil, jangan diragukan lagi dengan manfaat yang dia miliki. Gampang di olah dan sering dibuat dengan cara di tumis berikut lima manfaat putren.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Agar tubuh menjadi lebih sehat, putren atau jagung muda bisa di masukan ke dalam menu masakan sehari-hari. Putren sendiri mengandung vitamin C, vitamin A, serta zat besi. Menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), vitamin A dan C berperan penting dalam ketahanan daya tahan tubuh, yaitu mampu melawan infeksi. Dan untuk zat besi diperlukan sebagai mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

2. Membantu menurunkan berat badan

Dilansir dari Livestrong, jagung muda ialah sayuran rendah kalori. Menurut keterangan dari USDA, dalam 1/2 cup jagung muda mengandung 25 kalori. Dengan porsi yang sama, yaitu jagung biasa memiliki 60 kalori. Kandungan kalori dalam jagung muda setara dengan jenis sayuran non-starchy, seperti brokoli, kembang kol, dan kacang polong. Karena rendah kalori, jagung muda merupakan salah satu bahan makanan yang pas untuk kamu yang sedang mengurangi makan atau sedang melakukan diet. Sementara itu, karena kandungan seratnya yang tinggi, jagung muda juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama, sampai nafsu makan terkontrol.

3. Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu kondisi peningkatan tekanan darah secara kronis. Kalau tidak terkendali, komplikasi yang bisa di timbulkan bisa serius, seperti serangan jantung dan stroke. Maka dengan itu, bisa cegah dengan makan makanan sehat, salah satunya adalah jagung muda. Putren atau jagung mengandung potasium atau kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Cara kerjanya ialah dengan menyeimbangkan efek negatif dari garam.

4. Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Ibu hamil dan menyusui perlu adanya memenuhi asupan nutrisi asam folat atau vitamin B9. Asam folat sangatlah penting untuk dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan, demi mencegah adanya cacat lahir pada otak dan saraf bayi.

Asam folat yang di konsumsi oleh para ibu menyusui dapat meningkatkan kualitas ASI, yang tentunya bisa berpengaruh baik bagi bayi serta perkembangan kesehatannya. Kekurangan asam folat bisa membuat ibu hamil dan ibu menyusui berisiko terancam anemia dan gangguan jantung.

5. Kulit sehat dan tampak glowing

Seperti yang di ceritakan sebelumnya, Vitamin A adalah jenis antioksidan yang bisa merangsang produksi kolagen sekaligus menangkal efek buruk dari paparan sinar ultraviolet. Sedangkan untuk Vitamin C juga turut menstimulasi produksi kolagen dan bisa melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Sebagai bonusnya, vitamin C ini berperan penting dalam mencegah kulit kering dan memperlambat tanda-tanda penuaan dini.