Lima Manfaat Fisiologi dari Mandi Air Panas

Hidup Sehat – Mandi air panas menjadi salah satu kegiatan yang favorit setelah seharian banyak beraktivitas. Sensasi yang rileks yang di peroleh bisa meningkatkan kualititas tidur dan terdapat juga manfaat fisiologis dari berendam air panas.

Berikut manfaat berendam air panas yang belum kamu tahu.

1. Merangsang Kelancaran Suplai Darah

Panas dan uap akan merangsang pelebaran pembuluh darah menjadikan pori-pori lebih terbuka. Hal ini akan membantu kulit agar lebih efektif dalam menyerap produk perawatan seperti masker, serum, dikarenakan terjadinya peningkatan suplai darah di bawah kulit.

2. Mengeringkan Lendir di Tenggorokan

Uap panas saat berendam air panas dapat mengeringkan lendir yang ada menumpuk di tenggorokan. Penumpukan itu ialah salah satu penyebab paling umum dari batuk berkepanjangan. Berendam air panas hingga 10-15 menit juga akan mampu meringankan gejala flu.

3. Meningkatkan Suhu Tubuh dan Melemaskan Otot

Dengan berendam air panas bisa meningkatkan adanya suhu tubuh, juga berimbas dalam melemaskan otot-otot. Untuk itu relaksasi otot-otot ternyata tidak hanya dengan membantu tubuh menjadi rileks secara fisik. Bahwasanya mandi air panas secara mental bisa memberikan ketenangan pikiran.

4. Mengantarkan Tubuh Pada Kondisi Passive Heating

Peneliti dari Loughborough University, dr. Steve Faulkner, menemukan jika berendam dalam air panas, tubuh akan berada dalam kondisi passive heating. Kondisi ini terjadi dengan berulang, maka tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh untuk meringankan inflamsi kronis yang sering menkadi salah satu penyebab penyakit jangka panjang, contohnya diabetes tipe 2.

5. Meningkatkan Sirkulasi Sistem Getah Bening.

Adanya peningkatan sirkulasi di sistem getah bening disaat berendam air panas, hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi berkeringat. Hal ini pun sangat berpengaruh dalam merangsang pelepasan racun serta bakteri di dalam tubuh.