Beberapa Efek Yang Mungkin Dirasakan Jika Terlalu Banyak Minum Kopi

Hidup Sehat – Bagi sebagian orang minum kopi wajib di konsumsi disetiap harinya. Saat sarapan sebelum berangkat ke kantor, ingin memulai kerja, saat makan siang dan saat menikmati waktu santai.

Kopi menjadi salah satu teman saat kita down dengan rasanya yang autentik, kopi sendiri memiliki banyak manfaat sehat bagi tubuh. Kandungan kafeinya yang dapat membatu memperbaiki mood serta mencegah dari gangguan serangan jantung serta gangguan masalah hati. Namun siapa sangka meminum kopi berlebihan juga tidak baik lho. Terlalu sering meminum kopi dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

> Susah tidur

Sudah menjadi rahasia umum jika minum kopi bisa membuat kesulitan untuk tidur. Dengan begitu, banyak yang mengonsumsi minuman kafein tersebut jika ingin bergadang. Namun dengan begitu, resiko dari minum kopi bisa kesulitan tidur dan tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang di butuhkan. Dari penelitian menjelaskan, jika meminum kopi sebelum tidur, bahkan 6 jam sebelumnya akan mengganggu kualitas tidur. Tahu sendiri kalau kurang tidur akan menyebabkan tubuh menjadi lebih lelah dan kesulitan konsentrasi

> Merasa cemas

Kopi masuk ke jenis comfort food yang bisa membuat kamu merasa lebih baik. Namun jika di minum secara berlebihan akan memicu perasaan cemas dan stres. Apalagi jika kamu sudah memiliki gangguan kecemasan. Jika meminum 300 mg kopi atau setara dengan 3 gelas kopi, saat sedang berhadapan dengan pekerjaan berat, kamu juga akan mengalami peningkatan tekanan darah serta hormon stres.

> Merasa gelisah atau gugup

Pernah merasa gugup, merasa gelisah atau bisa sangat bersemangat setelah minum kopi? Hal ini disebabkan karena kafein dalam kopi mempercepat adanya sistem pusat saraf dalam tubuh. Jadi meminum kopi lebih dari 3 gelas akan membuatmu merasa berguncang. Dengan begitu, kamu bisa merasakan mual serta jantung yang akan berdegup kencang.

> Mengalami kenaikan berat badan

Faktanya kopi bisa menambah berat badan, ini justru terjadi saat kamu meminumnya dengan campuran gula, susu, krimer, dalam setiap hari. Oleh sebab itu tambahan tersebut membuat kopi menjadi lebih lezat. Dengan begitu akan meningkatkan angka kalori, jika ingin menjaga berat badan lebih baik minum kopi hitam tanpa gula ataupun campuran yang lainya. Sebab kopi hitam tanpa gula memiliki rendah kalori dan tentunya memiliki manfaat sehat yang banyak.

Memang segala sesuatu yang berlebihan membuat tubuh tidak sehat, tentunya dapat memberikan dampak buruk untuk tubuh. Termasuk salah satunya meminum kopi dalam jumlah banyak dalam setiap harinya. Jika sudah candu minum kopi dalam jumlah banyak seperti 3 gelas bahkan lebih, cobalah untuk bisa mengatur asupan kafeinmu kembali.