Keunggulan dari Microgreens Yang Kaya Akan Nutrisi

Hidup Sehat – Munculnya inovasi baru dalam pertanian salah satunya yaitu microgreens. Dimana microgreen merupakan tanaman sayur yang di panen dalam waktu yang sangat singkat.

Tanaman yang berukuran mini ini banyak di gandrungi oleh masyarakat karena memiliki banyak keunggulan dan manfaat di bandingkan dengan sayuran dewasa. Berikut kandungan yang ada di microgreens.

1. Kaya Nutrisi

Sama seperti sayuran dewasa lainya yang mengandung berbagai nutrisi yakni seperti vitamin, mineral, serat, hingga zat besi. Meski mempunyai ukuran yang kecil, dari beberapa peneliti menunjukan bahwa adanya nutrisi microgreens mencapai 9 kali lebih banyak dibandingkan dengan sayuran yang lainya. Dalam 100 gram tanaman hasik microgreens ini mengandung 29 kalori, hal ini menjadikan bahwa microgreens cocok bagi orang diet.

2. Mengandung Antioksidan

Selain kaya akan nutrisinya, micregreens ternyata mengandung antioksidan yang tinggi, bisa menangkal radikal bebas. Pada brokoli hasil dari microgreens kaya akan vitamin E yang mengandung antioksidan fenol. Dengan begitu kadar antioksidan yang tinggi juga terdapat pada microgreens yang dapat mencegah pengonsumsi dari berbagai penyakit mematikan.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Mematikan

Karena kaya akan nutrisi yang tinggi, banyak penelitian yang merekomendasikan bahwa microgreens sebagai nutrisi bagi orang-orang yang menderita penyakit tertentu salah satunya penyakit ginjal. Sekelompok ilmuan sudah menciptakan selada yang berguna bagi pengidap gangguan ginjal, karena tinggi nutrisi dan rendah potasium. Begitu pula dengan microgreens yang ada polifenol, sejenis antioksidan yang tentunya dapat mengurangi resiko penyakit jantung, beberapa jenis kanker, alzheimer, dan diabetes.

4. Mudah dan Praktis

Microgreens dapat di budidayakan dengan mudah, jenis tanaman yang satu ini memang tidak memerlukan perlengkapan khusus saat menanam ataupun memanennya. Untuk penanamnyapun sangat mudah hampir seperti kecambah. Microgreens dapat tumbuh di berbagai tempat, bisa diluar ruangan maupun di dalam.

5. Cepat Panen

Tidak seperti sayuran dewasa yang lainya, microgreens sudah bisa di panen saat berusia 1-3 minggu. Hanya saja sudah tergantung dengan jenis tanamanya, saat daunnya muncul microgreens sudah bisa di panen dengan cara mencabut akarnya. Ataupun bisa langsung memotong menggunakan gunting.

Microgreens sayuran yang kaya akan nutrisi bisa di makan sebagai salad, garnish atau pun bisa jadi sebagai penguat rasa.