Manfaat Olahraga Yoga Untuk Pria

Hidup Sehat – Menurut istilah dalam kepercayaan Hindu, kata yoga memiliki makna persatuan, maksudnya adalah persatuan pikiran dan tubuh, ini merupakan alasan mengapa yoga sangat identik dengan gaya peregangan, meditasi serta teknik pernapasan yang akan membantu pikiran dan tubuh lebih bugar serta sehat.

Namun masih banyak yang menganggap bahwa yoga identik dengan wanita, badan lentur, gerakan lembut dan sebagainya yang dianggap tidak maskulin. Padahal melakukan yoga memberikan beragam manfaat, Berikut 3 manfaat yoga untuk para lelaki :

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Seperti anjuran dari RMIT University di Melbourne, Australia pada tahun 2011, anda bisa melaukan yoga 25 menit sebelum tidur, agar anda bisa tidur pulas. Dilansir dari laman Everday Helath, rupanya tak hanya mengatasi insomnia saja namun juga bisa meningkatkan durasi tidur. Selain itu jika anda melakukan yoga secara teratur maka anda bisa meningkatkan kualitas seteleh bangun, yakni lebih segar.

Walau pria tiga kali lebih rentan mengalami sleep apnea, anda juga bisa salah satu gerakan yoga yang bisa meningkatkan fungsi otot pernapasan yakni garakan Pranayama.

Kemampuan gerakan yoga satu ini diperkuat dengan proyek penelitian pada tahun 2017 silam yang mengamati Yogic Pranayama dan terapi PAP yang biasa dilakukan kepada orang yang mengalami masalah pada aliran udara karena terkompresi ketika tidur. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa gerakan Pranayama memang efektif untuk meningkatkan fungsi otot pernapasan. Selain gerakan Pranayama ada juga berbagai gerakan lainnya seperti corpse pose dan lying butterfly yang sangat mudah dilakukan.

2. Meredakan Stres

 

Tidak memandang bulu, stres dapat menyerang siapa saja dan jenis kelamin apa saja, tidak hanya dapat mempengaruhi pikiran namun faktanya stres juga berdampak buruk bagi kesehatan. Sebagai contoh seperti menyebabkan stroke, darah tinggi, kecemasan bahkan bisa menyebabkan depresi.

Dalam kondisi itu, yoga bisa dilakukan untuk meredakan stres melalui gabungan tiga hal yakni teknik pernapasan, meditasi dan pose gerakan yang akan memberikan dampak pada suasana hati dan kesehatan. Hal demikian telah dibuktikan oleh penelitian yang mengatkaan bahwa seseorang yang melakukan yoga rutin 60 menit perminggunya selama enam minggu dapat mengalami peningkatan yang intens pada kesejahteraan dan ssuasana hati.

Diluar dari yoga, latihan gerakan fisik lainnya juga disinyalir dapat melepaskan endorfin, yakni zat kimia otak yang mempengaruhi suasana hati yang menyebabkan stres.

3. Membentuk Otot

Hampir semua pria yang ingin memiliki bentuk otot yang idealis dan bagus, maka yoga menjadi salah satu alternatif untuk merealisasikannya. Dikutip dari Fit N Me, yoga mampu meningkatkan fleksibilitas, mobilitas, dan rentang gerak tubuh secara keseluruhan yang juga akan meningkatkan ke serat otot dan hipertrofi pada otot.

Hipertofi adalah proses perubahan otot untuk menjadi lebih besar dan kuat memalui berbagai kegiatan olahraga yang dilakukan. Olahraga yoga juga tidak selalu dilakukan dengan gerakan lembut, namun bisa menyesuaikan itensitas dan durasi yang dibutuhkan. Gerakan Vinyasa mungkin bisa menjadi pilihan untuk membuat anda berkeringat dan marasakan manfaatnya untuk beberapa hari kedepannya.

Untuk itu olahraga yoga sebenarnya bukan olahraga untuk wanita saja, namun semua bisa melakukannya termasuk dengan pria. Karena olahraga ini sama seperti olahrga lainnya yang banyak memberikan manfaat, namun alangkah baiknya jika ingin melakukan yoga untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapatkan modifikasi gerakan yang dilakukan agar bisa bermanfaat banyak bagi kesehatan anda.