Mirip dengan Blueberry, Ini Dia Manfaat Buah Bilberry Bagi Kesehatan

Hidup Sehat – Sepintas memang antara buah blueberry dan bilberry memiliki kemiripan. Keduanya memang masih bersaudara, namun dengan begitu manfaat dari buah keduanya memiliki manfaat yang sehat bagi tubuh.

 

Buah bilberry dan blueberry merupakan genus tumbuhan yang sama. Dengan menghasikan buah yang rasa dan bentuk serupa. Perbedaan yang utamanya ialah jika bilberry berasal dari Eropa, sedangkan untuk blueberry berasal dari Amerika Utara. Berikut manfaat dari bilberry yanh harus kamu ketahui.

  1. Kaya akan nutrisi

Bersumber dari FoodData Central dari Kementrian Pertanian Amerika Serikat (USDA) dari secangkir bilberry mengandung 85 kalori, 4 gram serat, 15 gram gula alami, selain itu terdapat juga dalam buah bilberry yang mengandung 85 persen air, Vitamin C, Vitamin K, dan mangan. Bilberry juga memiliki nutrisi yang sama dengan blueberry.

  1. Kaya akan antioksidan

Menurut Nutrition Journal 2010, bilberry memang kaya akan antioksidan, yang mana itu merupakan senyawa berharga yang bisa membantu tubuh kita melawan kerusakan serta penyakit. Buah bilberry memiliki kadar antioksidan paling tinggi. Karena memang dasarnya masih bersaudara dengan blueberry.

Sedangkan menurut Journal of Food Science 2013, bilberry mengandung vitamin C dan asam fenolat, serta adanya sumber antasianin. Terdapat juga antioksidan flavonoid yang memberi warna ungu, merah, dan biru.

  1. Memelihara penglihatan

Dalam mengkonsumsi 120 mg bilberry dalam setiap harinya bisa membantu meningkatkan penglihatan sekitar kurang lebih 30 persen. Suplemen yang mengandung ekstrak dari bilberry dengan sebanyak 160-480 bisa memberikan kelembapan pada mata apabila terjadi kering.

  1. Melawan peradangan

Peradangan merupakan respons alami dari system imun tubuh yang bisa melawan penyakit. Orang-orang yang mengonsumsi suplemen yang mengandung antosianin dari bilberry sebanyak 300 mg setiap hari bisa mengalami penurunan peradangan inflamasi sampai 38-60 persen.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Berkat kandungan vitamin K yaitu vitamin yang bisa membantu pembentukan gumpalan darah, sehingga bisa mengurangi risiko dari serangan jantung dan stroke. 35 orang yang mengonsumsi buah berry mengalami peningkatan fungus trombosit, tekanan darah, dan kadar kolestrol. Dari semua itu ialah ada berhubunganya dengan jantung yang sehat.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Bliberry merupakan salah satu obat herbal yang di gunakan untuk menurunkan kadar gula darah yang menderita diabetes tipe 2.  Bliberry juga bisa mencegah kerusakan dan penyerapan karbohidrat di usus, dimana efek ini mirip dengan obat penurun gula darah.