Selain Enak, Lima Makanan Sehat Ini Baik Untuk Kesehatan Gigi

Hidup Sehat – Menjaga kesehatan tubuh memang sangat penting untuk di lakukan, begitu juga dengan gigi. Salah satunya ialah dengan melakukan perawatan yang rutin ke dokter gigi. Namun kebanyakan orang sering menganggap remeh dan ganya memeriksakan gigi saat sudah sakit.

Selain harus melakuakan perawatan gigi ke dokter, kita juga harus pandai merawat gigi dengan asupan makanan. Beberapa makanan berikut dipercaya bahwa memiliki manfaat untuk bisa menjaga kesehatan gigi. Mau tahu apa saja makanan yang bisa menyehatkan gigi? Berikut daftar makanan yang bisa kamu coba untuk merawat gigi kamu.

1 Apel

Apel memang di kenal dengan buah yang banyak di gemari oleh banyak orang. Ternyata apel memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Kandungan serat tinggi yang berada di dalam apel sangat baik untuk membilas bakteri jahat yang ada di apel. Selain itu, apel terkandung flourida yang bisa membantu menguatkan serta bisa memutihkan gigi. Untuk selanjutnya, flourida juga bisa menurunkan risiko kerusakan pada gigi dan bisa membantu masalah gusi serta bisa meredakan pendarahan dan bakteri yang ada di mulut.

2 Wortel

Wortel sering dikenal dengan mafaatnya untuk kesehatan mata, namun ternyata baik juga untuk menjaga kesehatan gigi. Dengan mengonsumsi wortel, terutama yang mentah bisa merangsang pembentukan air liur dalam mulut yang nantinya juga bisa pembentukan lubang di gigi. Saat mengunyah wortel, kita juga bisa sekaligus bisa membersihkan plak di gigi dan bisa membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi dan mulut seperi saat menyikat gigi.

3 Stroberi

Biasanya untuk buah yang mempunyai rasa asam akan di hindari karena bisa memicu enamel pada gigi. Namun stroberi justru bisa mencerahkan gigi agar lebih putih. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam malat dalam stroberi yang bisa memutihkan gigi dengan alami. Sangat di sarankan untuk memilih stroberi yang matang karena di dalam kandungannya lebih banyak asam malat.

4 Keju

Salah satu olahan susu yang satu ini memiliki manfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Hal ini memang sangat wajar karena keju mempunyai kandungan kalsium yang tinggi yng bisa membuat gigi lebih kuat dan tidak mudah keropos. Dengan sering mengkonsumsi keju dapat meningkatkan pH mulut yang juga bermanfaat untuk menurunkan risiko dari kerusakan gigi.

5 Yoghurt

Produk olahan susu yang ini juga tidak kalah bagusnya dengan manfaat kesehatan gigi ialah yoghurt. Sebagai makanan yang di peroleh dari hasil fermentasi susu. Dengan begitu yogurt mengandung kalsium dan protein yang tinggi dan bisa memperkuat enamel gigi. Terdapat juga kandungan probiotik dan bakteri baik di dalam yogurt yang bisa mencegah gigi berlubang.