Beberapa Manfaat Daun Parsley Bagi Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Daun parsley biasa di gunakan sebagai hiasan atau garnish di atas makanan yang di pesan. Daun parsley atau paterseli sering di anggap hanya sebagai penghias belaka. Daun ini sering sekali di singkirkan dan tidak di makan.

Diketahui bahwa daun paterseli memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan warna hijau serta bentuknya yang mungin dan rimbun seperti pohon kecil, daun parsley ini memang bisa membuat makanan menjadi tampak lebih indah dan manis di pandang. Berikut beberapa manfaat dari daun parsley yang baik untuk kesehatan tubuh.

1 Melancarkan pencernaan dan anti kembung

Tidak di sangka bahwa daun parsley atau peterseli bisa mengasi gejala kembung. Daun ini mengandung senyawa yang bisa mengurangi gas-gas di perus sehingga perut tidak lagi teras kembung. Dengan begitu tidak hanya dengan satu potong parsley yang meski di konsumsi bisa dari awal tujuanya bisa mencegah lambung. Di perluokan banyak beberapa lembar untuk manfaatnya bisa terasa.

2 Mengatasi infeksi kandungan kemih dan mencegah batu ginjal

Praktisi homeopati yang menggunakan beberapa lembar daun parsley ini yang di jadikan ramuan herbal untuk mengobati infeksi saluran kandung kemih serta batu ginjal. Sementara itu menurut dr.Melyarna Putri dari KlikDokter menyatakan bahwa daun parsley memang bisa menurunkan kadar ureum, kreatinin, elektrolit, dan asam urat. Dengan begitu, daun ini memiliki efek nefroprotektif yang bisa melindungi fungsi ginjal.

3 Mencegah terkena penyakit jantung

Daun parsley ternyata mengandung asam folat, yaitu vitamin B yang bisa mencegah masalah jantung. Hal tersebut sudah di bernarkan oleh dr. Meyarna, menurutnya daun parsley atau peterseli ini merupakan salah satu rempah yang sudah lama di gunakan di daerah Timur Tengah. Yang terbukti bisa mengatasi masalah jantung melalui efek diuretik yang begitu cukup kuat. Diuretik ialah efek obat yang bisa membantu mengeluarkan air dari tubuh melalui kencing.

4 Memelihara kesehatan mata

Tidak hanya wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata, melainkan dengan daun parsley ini juga bisa menjaga kesehatan maja juga loh. Nyatanya daun parsley mengandung sumber vitamin A yang bisa memelihara kesehatan mata, bisa juga mencegah kelelahan mata, katarak, dan rabun.

5 Menyegarkan bau nafas dan bisa menurunkan risiko ambeien

Meski tidak bisa membunuh semua senyawa sulfur yang menyebabkan bau di mulut, daun parsley dapat membantu menyegarkan nafas dan bisa menghilangkan mau tidak sedap. Daun peterseli ini juga bisa bertindak sebagai penyegar nafas alami terutama saat mengonsumsi bawang merah atau bawang putih.

Daun parsley juga memiliki khasiat untuk mengatasi sembelit, daun tersebut memiliki efek laksatif atau pencahar. Sehingga bisa mempermudah buang air besar. Daun parsley dapat menurunkan penyerapan air dan elektrolit di usus besar, dengan begitu akan membuat fases lebih baik, mudah di keluarkan, serta tidak akan berujung pada ambeien.