Manfaat Daun Thyme Yang Luar Biasa Untuk Tubuh, Tidak Kalah Dengan Tanaman Herbal Lain

Hidup Sehat – Thyme (Thymus vulgaris) merupakan salah satu tanaman yang masih satu keluarga dengan daun mint. Kerap di gunakan sebagai bumbu masakan, namun siapa sangka jika tanaman satu ini bisa menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Hippocrates merupakan dokter Yunani Kuno yang sangat terkemuka yang hidup di sekitar 460 SM sampai 370 SM. Konon sudah menggunakan daun thyme sebagai salah satu obat, dengan begitu manfaat dari daun ini sudah terbukti sejak lama, bukan? Bagi yang penasaran dari manfaat daun thyme berikut berbagai manfaatnya.

1 Meredakan batuk

Dalam bentuk minyak ataupun di konsumsi langsung, daun thyme bisa membantu meredakan batuk. Dengan begitu keampuhan ini sudah terbukti  dalam penelitian yang berada dalam “European Respiratory Journal” di tahun 2013. Penelitian tersebut melibatkan 18 partisipan yang sedang mengalami batuk. Mereka lalu diberikan semprotan thymol untuk bisa meredakan gejalanya.

Thymol bisa meredakan batuk dengan bekerja sebagai reseptor lidah, mulut, tenggorokan, serta saluran hidung. Walaupun tidak bisa menghilangkan batuk sampai tuntas, namun setidaknya frekuensi dan tingkat dari keparahanya akan berkurang secara signifikan.

2 Meredakan kecemasan dan meningkatkan mood

Daun thyme ini digunakan dalam bentuk minyak esensial sebagai dengan aromatic serta terapeutik dengan kandungan zat aktifnya, carvacrol. Dalam sebuah studi 2013 membuktikan bahwa zat tersebut bisa meningkatkan suasana hati dengan cara memengaruhi aktivitas neuron. Tidak hanya itu, fungsinya dalam mengatasi kecemasan yang bisa di buktikan lewat penelitian yang sudah tertuang dalam “Acute Disease” 2014. Yang mengatakan jika daun thyme memiliki efek anxiolytic atau mengurangi kecemasan.

3 Meredakan gejala dermatitis atopic

Penggunaan thymol di kulit yang menderita dermatitis atopic memberi efek fisiologis yang secara langsung. Tidak hanya dengan menghambatnya sitokin (senyawa inflamasi), thymol juga dapat membantu meringankan gejala dermatitis, dimana saat lapisan kulit epidermis yang bengkak. Selanjutnya thymol juga bisa mencegah infeksi sekunder bakteri Staphyloccocus aureus yang berpindah dari permukaan kulit ke bawah kulit, dan membentuk reservoir ketika jaringan membengkak.

4 Meredakan jerawat

Terbukti oleh para peneliti dari Universitas Leeds Metropolitan, Inggris. Dimana mereka menguji efek dari tincture yang di larutkan dalam alcohol dari thyme, mreeh, dan marigold pada bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes. Yang hasilnya thyme lah yang paling efektif untuk menghilangkan jerawat.

5 Meredakan nyeri haid

Thyme bisa meredakan nyeri di haid yang mengandung sifat analgesic dan antispasmodic agar bisa meredakan rasa sakit dan kejang. Kemampuan ini terbukti lewat adanya penelitian yang di terbitkan dalam jurnal “Research in Medical Sciences”2012. Dimana penelitian tersebut melibatkan 20 mahasiswa yang di berikan suplemen thyme dan ibuprofen agar bisa meredakan nyeri menstruasi. Ditemukan efek yang sama setelah 2 bulan penggunaan suplemen thyme yang di konsumsi 4 kali sehari dan untuk ibuprofen di konsumsi 3 kali sehari.