Inilah Manfaat Buah dan Sayuran Ungu Bagi Kesehatan yang Kaya Nutrisi!

Hidup Sehat – Berbagai sayuran dan buah yang berwarna ungu pastinya terlihat cantik dan menarik. Warna ungu pada berbagai tumbuhan ini disebabkan karena adanya antioksidan yang disebut antosianin.

Selain memberikan warna ungu, antosianin juga berperan untuk melindungi sayuran dari kerusakan sinar matahari, suhu dingin, pemicu stres lainnya, serta menarik perhatian penyerbuk seperti lebah dan kupu-kupu.

Namun, bukan hanya itu saja buah dan sayuran yang berwarna ungu ternyata juga memiliki manfaat kesehatan yang sungguh sayang untuk dilewatkan seperti berikut ini.

  • Sebagai antiinflamasi

Menurut penelitian dalam jurnal “Nutrition Reviews” tahun 2015, antosianin yang biasa ditemukan dalam tanaman berwarna ungu secara konsisten terbukti dapat mengurangi peradangan. Peradangan kronis merupakan salah satu penyebab dari banyaknya penyakit di zaman ini. Di antaranya adalah penyakit Alzheimer, asma, penyakit jantung, alergi, diabetes tipe 2, penyakit artritis dan persendian, depresi, beberapa jenis kanker, dan obesitas.

  • Mencegah berbagai jenis kanker

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Molecular Nutrition & Food Research” tahun 2013 menunjukkan bahwa ubi ungu dapat melindungi tubuh dari kanker kolorektal, yang merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita di peringkat ketiga. Tentunya Antosianin juga memiliki kaitan dengan pencegahan kanker. Keampuhan tersebut juga bisa didapat dari jagung ungu. Sayangnya, jagung ini tidak banyak tersedia di pasaran.

  • Menjaga kesehatan jantung

Menurut studi dalam “American Journal of Clinical Nutrition” tahun 2012, blackcurrant terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat LDL hingga 13 persen sekaligus meningkatkan kolesterol baik HDL. Blackcurrant dan bilberry dipercayakan memiliki lebih banyak antosianin daripada blueberry. Sementara itu, buah berry mentah liar memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada berry mentah segar atau beku.

  • Baik untuk Kesehatan otak

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Archives of Pharmacal Research” tahun 2003 menunjukkan bahwa makan ubi ungu juga dapat memberikan efek peningkatan memori.

Selain itu penelitian lain dalam “Journal of Biomedicine and Biotechnology” juga telah menunjukkan kemampuan dari antosianin untuk membantu mencegah penurunan sistem saraf terkait usia. Tidak hanya itu saja, Antosianin juga mampu melewati pembatas antara darah ke otak dan melokalisasi wilayah di dalam otak yang terlibat dalam pembelajaran dan memori.

  • Mengatasi maag

Sebuah studi dalam American Chemical Society menemukan bahwa Antosianin dari blackberry dapat mengurangi pembentukan tukak lambung pada tikus. Hal ini disebabkan karena antioksidan dalam blackberry dapat mencegah oksidasi serta meningkatkan aktivitas antioksidan penting lainnya, seperti glutation, yang secara alami ada di dalam tubuh.

Demikianlah manfaat buah dan sayur berwarna ungu bagi kesehatan. Yuk, perbanyak konsumsi sayur dan buah berwarna ungu!