Bukan Hanya Cantik, Bunga Tulip Yang Punya Manfaat Bagi Kesehatan

Hidup Sehat – Dikenal sebagai salah satu ikon Negeri Kincir Angin, Belanda. Bunga tulip ternyata telah di manfaatkan masyarakat khususnya Asia Tengah, Afrika Barat, dan Amerika Utara yang memanfaatkan bunga tulip sebagai tanaman pengobatan. Bunga tulip memiliki senyawa yang bisa menyehatkan tubuh.

 

Di dalam bunga tulip terdapat kandungan antioksidan, bunga yang tumbuh di kawasan pegunungan Himalaya ini di percaya bisa menyembuhkan sejumlah penyakit seperti stroke dan kanker.

Bunga tulip memiliki banyak jenis warna, bunga ini juga memiliki sekitar 150 spesies dengan 3.000 varietas. Pada umumnya memang bunga tulip memiliki warna yang mencolok, salah satu faktor yang menyebabkan warnanya mencolok ialah kandungan antioksidan, antosianin di dalamnya. Antosianin merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk bisa menangkal penyebaran sel radikan bebas yang menjadi penyebab berbagai gangguan kesehatan, termasuk dengan kanker.

Antosianin yang terdapat dalam bunga tulip juga memiliki sifat antiradang dan antimikroba yang bisa menangkal virus dan bakteri. Berikut manfaat bunga tulip bagi kesehatan manusia.

1 Mencegah kanker

Manfaat bunga tulip bisa mencegah penyebaran sel kanker, kandungan antosianin dalam tanaman cantik ini memiliki sifat antioksidan yang bisa berfungsi menangkal penyebaran sel radikal bebas pemicu kanker.

2 Mencegah stroke dan jantung

Bunga tulip juga bermanfaat untuk bisa mengontrol kolestrol jahat yang ada di dalam darah dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan begitu resiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung yang tentunya bisa di tekan.

3 Mengatasi peradangan dan luka

Antosianin di dalam bunga tulip memiliki sifat antiradang serta antimikroba. Kemampuan ini yang bisa membuat bunga tulip bisa bermanfaat sebagai alternative tanaman obat, agar bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan akibat infeksi bakteri dan tentunya virus penyebab radang dan luka. Tidak hanya bunganya, ekstrak kulit kayu pohon tulip juga bisa di gunakan untuk menyembuhkan bisul serta luka.

4 Mencegah diabetes

Sebuah riset menjelaskan bahwa kandungan antosianin dalam bunga tulip yang bisa bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah yang di sebabkan oleh diabetes.

5 Peneyembuhan penyakit kelamin

Selam bertahun-tahun, masyarakat Afrika Barat memanfaatkan bunga tulip sebagai penyembuhan penyakit kelamin seperti harpes. Senyawa antimikroba yang terdapat dalam antosianin yang merupakan salah satu flavonoid yang fungsinya mengatasi herpes.

6 Melancarkan pencernaan

Masih sama, masyarakat Afrika Barat selama bertahun-tahun menggunakan ekstrak bunga tulip untuk bisa melancarkan pencernaan. Khasiat dari bunga tulip juga bisa menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare dan sakit perut. Selain dengan bunganya, biji tulip, kulit akar, serta ekstrak kayu pohon tulip yang bermanfaat untuk membunuh adanya cacing di saluran pencernaan.

7 Mengatasi nyeri sendi

Antioksidan yang terdapat di dalam bunga tulip bisa bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi. Dengan begitu tidak hanya dengan bunganya, daun tulip juga bisa di manfaatkan untuk menyembuhkan gangguan persendian seperti rematik dan arthritis.

8 Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan yang terdapat di batang kulit bermanfaat bisa menjaga kesehatan kulit. Antioksidan tersebut bisa meremajakan sel kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini karena akan khasiatnya tersebut. Dengan begitu sudah banyak yang menjadikan ekstrak bunga dan batang tulip dan akhirnya di olah menjadi berbagai produk kecantikan.

Tidak hanya di jadikan sebagai tanaman hias, namun bunga tulip bisa di olah menjadi minuman herbal. Ekstrak biji tulip, bunga, kayu pohon tulip bisa di olah menjadi teh yang bermanfaat bisa melancarkan pencernaan dan bisa mengobati berbagai penyakit demam, rematik, dan diare.