Perlu Diketahi Alasan Ilmiah Untuk Kurangi Kopi Saat Menstruasi

Hidup Sehat – Tidak hanya pria, kopi juga bisa jadi favorit bagi para wanita, rasanya yang enak dan menyegarkan di badan selalu menjadi pilihan yang tepat saat suntuk. Namun kadar kopi berlebihan yang bisa di konsumsi saat menstruasi bisa berdampak kurang baik pada tubuh wanita.

Buah kamu yang sudah ketagihan dengan rasa kopi di setiap harinya. Secangkir kopi sehari saat menstruasi masih di anggap dengan aman menurut studi. Namun jika di minum setiap 4 jam sekali dan melanjutkan kebiasaan itu saat sedang menstruasi, kafein bisa menyumbang efek buruk bagi tubuh.

Berikut penjelasan dari dampak negatifnya bagi kesehatan.

1 Tubuh bisa kekurangan cairan (Dehidrasi)

Kopi bersifat diuretic yang mampu meningkatkan produksi urin, di tambah dengan kondisi menstruasi yang juga bisa mengeluarkan darah haid. Bisa juga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Menurut dr. Nupur Gupta, ginekolog dan dokter kandungan Well Woman Clinic di Gurgaon yang menuturkan bahwa mengonsumsi kopi juga bisa berpengaruh kepada kondisi tubuh wanita saat sedang terjadinya menstruasi. Yang rentan dengan sebutan dehidrasi.

2 Siklus Menstruasi menjadi lebih pendek

Dijelaskan bahwa kafein bisa mengurangi aliran darah uterus serta membatasi jumlah pembuluh darah. Dengan begitu kenapa dampak dari konsumsi kafein yang banyak bisa menyebabkan penurunan jumlah darah saat menstrusai. Ditambah lagi dengan siklus menstruasi yang lebih pendek dari biasanya yang bisa berdampak di variabilitas dan periode haid wanita yang tidak keluar.

3 Kram pada perut bisa bertambah parah

Menstruasi terkadang memicu pusing sakit kepala perubahan hormone yang drastis. Olah sebab itu sebagian wanita memilih kopi untuk meredakan sakit kepala, ternyata anggapan ini keliru karena saat menstruasi, kandungan yang terdapat di kafein bisa memperparah kram perut. Proses masuknya kopi dalam sistem tubuh bisa menutupu adanya neurotransmitter gamma aminobutyric acid (GABA). Dalam kondisi ini GABA yang terhalang, dengan begitu tingkat kecemasan yang di picu oleh kafein juga bisa bertambah dan pada akhirnya akan membuat kram pada tubuh yang lebih kerasa.

4 Bisa mengaktivasi hormon stress

Dalam siklus menstruasi, kopi bisa juga menstimulasi hormon-hormon secara berlebih, kortisol contohnya. Tidak heran jika mood saat menstruasi cenderung lebih sensitife, beberapa peneliti juga menjelaskan bahwa wanita yang banyak meminum kopi saat sedang menstruasi mudah cemas, lemas, dan badmood.

5 Bisa memicu kanker payudara dan kanker endometrium

Peningkatan frekuensi sindrom pramenstruasi (PMS) akibat mengonsumsi kafein memang sulit untuk di teliti. Kafein dalam kopi erat kaitanya dengan peningkatan kadar estrogen. Dampak yang lebih jauh ialah mampu memicu bertambahnya risiko kanker payudara dan tentunya kanker endometrium.