Kubis Brussel Kaya Akan Manfaat dan Baik Untuk Kesehatan

 

Hidup Sehat – Tanaman Brussel sprouts banyak sekali varianya, banyak yang mengatakan kubis Brussel, baby kol, atau kol Brussel. Dengan begitu baby kol ini berasal dari Brussel, Belgia.

Kubis Brussel ini memang ukuranya yang sangat kecil, namun jangan salah tanaman mini sangat kaya akan protein, vitamin, serat, antioksidan, serta mineral. Berikut beberapa manfaat kubis Brussel untuk kesehatan.

1 Melindungi terhadap kanker

Dari beberapa penelitian menunjukan bahwa Brussel sprouts memiliki banyak potensi melawan kanker tertentu. Banyaknya antioksidan yang tinggi bisa menangkal radikal bebas yang berbahaya, berkontribusi terhadap penyakit seperti kanker. Penelitian dari studi di tahun 2008 menemukan bahwa Brussel sprouts bisa melindungi sel-sel terhadap adanya karsinogen dan kerusakan DNA oksidatif.

2 Kaya serat

Serat penting untuk buang besar secara teratur, tetapi juga bisa meningkatkan kolestrol, mengatur adanya kadar gula darah serta bisa membantu mencegah penyakit diabetes, kanker usus, serta penyakit jantung. 100 gram Brussel sprouts yang mengandung 3,5 gram serat.

3 Kaya akan vitamin dan nutrisi

Salah satu hal terbaik dari Brussel sprouts ialah portofolio nutrisi, serat, nutrisi, mineral, yang sangat penting. Sayuran ini mengandung vitamin K yang bisa membantu melancarkan darah menggumpal, vitamin C di perlukan untuk pertumbuhan, dan vitamin A yang baik untuk penglihatan dan kesehatan mata. Brussel sprouts ini juga tinggi asam folat yang penting untuk memproduksi dan memelihara adanya sel darah merah serta manganese.

4 Rendah kalori dan mengandung asam lemak omega 3 ALA

Dari setengah cangkir yaitu 78 gram Brussel sprouts mengandung hanya 28 kalori. Dengan begitu mengapa kamu sering menemukan sayuran mini ini dalam resep penurunan berad badan yang sehat.

Nah, untuk kamu yang tidak makan ikan berlemak dan tentunya cukup mendapatkan omega 3 bisa menjadi salah satu tantangan. Asam lemak yang penting bagi kesehatan otak, bisa membantu memperlambat penurunan kognitif dan melawab depresi dan kecemasan.

5 Baik untuk kesehatan tulang

Karena adanya kandungan vitamin K yang tinggi, sayur mungil ini ialah salah satu cara bagus untuk menjaga tulang tetap dalam kondisi prima. Studi telah menemukan bahwa vitamin esensial yang sangat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan membatasi fraktur pada pasien osteoporosis. Tidak hanya itu, mengurangi risiko cendera tulang pada wanita pascamenopause.