5 Fakta Terkait Penyempitan Pembuluh Darah

Hidup Sehat – Info Dilansir dari WebMD, pembuluh darah berperan mengalirkan darah ke seluruh tubuh, jika tersumbat maka aliran darah ke organ-organ penting akan terganggu.

Tubuh manusia tentu membutuhkan oksigen agar organ-organ tubuh bisa bekerja secara normal. Sama halnya seperti pembuluh darah yang mengalirkan darah yang kaya akan oksigen ke seluruh organ-organ tubuh. Jika tidak bisa bekerja secara normal maka akan terjadi dampak yang berbahaya, contohnya bagian pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah arteri yang mengarah ke jantung, bisa menyebabkan serangan jantung yang berbahaya, sedangkan jika mengarah ke otak, maka bisa menyebabkan stroke.

5 Fakta Terkait Penyumbatan Pembuluh Darah :

1. Pemicu penyempitan pembuluh darah

penyempitan pada pembuluh darah disebabkan oleh plak yang terbentuk di dinding dalam pembuluh darah arteri. Plak tersusun dari kalsium, lemak, kolestrol dan lainnya. Sebagai reaksi tas terjadinya penyumbatan, dinding pembuluh darah menjadi ganda dan melepas zat-zat yang kadang justru semakin memperparah penyumbatan.

2. Kaitan kolesterol dengan penyempitan pembuluh darah

Kolestrol dibagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol baik atau high density lipoprotein dan kolesterol jahat atau low density lipoprotein. Kolesterol jahat merupakan salah satu faktor utama dalam pembentukan plak.

3. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi penyempitan pembuluh darah

Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi penyempitan masih banyak lagi, misalnya rokok yang diketahui merupakan faktor yang menyebabkan atheroschlerosis yaitu mengerasnya dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak, yang juga meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah. Faktor lain adalah diabters dan kegemukan, walaupun begitu kurus bukan menjadi jaminan.

4. Bahaya penyempitan pembuluh darah

Dampak dari penyumbatan pembuluh darah sangat beragam, tergantung lokasinya dan sama-sama berbahaya. Jika terjadi pada pembuluh darah arteri yang menuju jantung, maka berbagai penyakit jantung bisa saja muncul termasuk dengan serangan jantung. Jika terjadi di sekitar leher, bisa menyebabkan stroke karena pembuluh darah di leher umumnya menyuplai oksigen ke otak.

5. Gejala penyempitan pembuluh darah

Gejala yang ditimbulkan ketika mengalami penyumbatan pembuluh darah diantaranya adalah nyeri dada, mual, mengeluarkan keringat yang berlebihan,sesak nafas, mudah lelah, dan masih banyak lagi.