3 Khasiat Kentos Kelapa yang Menyehatkan Mata dan Jantung

Hidup Sehat – Buah kepala sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, termasuk kentos kelapa yang banyak mengandung nutrisi termasuk dengan menyehatkan mata dan jantung kita.

Kentos kalapa ini merupakan bila kecil yang muncul pada saat anda membelah kelapa, masyarakat Indonesia biasa menyebutnya dengan kentos atau tombong. Kentos kelapa merupakan embrio yang terdapat di dalam sebuah kepala yang sudah tua. Jika dikonsumsi kentos kelapa ini sangat aman, memiki rasa sedikit manis dan gurih dengan teksturnya yang sangat lembut. Kentos kelapa mengandung vitamin A, vitamin D, omega 3, serat dan masih banyak nutrisi lainnya.

Oleh sebab itu dengan mengonsumsi kentos kelapa anda akan mendapatkan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh anda. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, mata, sistem pencernaan dan mengontrol berat badan.

Berikut 3 khasiat utama kentos kelapa untuk kesehatan tubuh kita :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat kentos kelapa untuk kesehatan jantung sudah dibuktikan dengan riset penelitian yang ada di India Journal of Phermaceutical Science. Pada saat riset tersebut dilakukan uji coba dengan melibatkan tikus, kentos kelapa memiliki zat kardioprotektif dan mengandung banyak antioksidan. Kedua kandungan itu dapat memnatu memperbaiki gangguan yang terjadi pada jantung. Bahkan para peneliti menyebutkan bahwa kentos kepala sangat baik untuk membantu penyumbuhan penyakit jantung.

Kentos kepala juga mengandung asam lemak tak jenuh, kandunga itu berperan megnatasi kolesterol jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah manusia. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dapat dikurangi jika anda banyak mengonsumsi kentos kelapa ini.

2. Sebagai Sumber Energi

Kandungan karbohidrat yang ada pada kentos kelapa bermanfaat sebagai sumber energi untuk tubuh. Sebuah penelitian pada tahun 2018 menemukan adanya kandungan karbohidrat sebesar 60% yang ada dalam kentos kelapa. Penelitian tersebut dimuat dalam jurnal Food Chemistry yang menjelaskan bahwa kandungan karbohidrat kentos kepala sangat dibutuhkan sebagai sumber energi bayi. Ketika mengonsumsi ini, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa.

Glukosa ini yang menjadi sumber bahan bakar utama yang akan menyuplai ke darah dan otak setiap saat. Selain itu kandungan omega 3 juga dapat meningkatkan pertumbuhan otak terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kentos kelapa memberikan asupan vitamin A yang diperlukan oleh tubuh, kandungan vitamin A ini sangat penting unutk menjaga kesehatan mata, sama halnya dengan kandungan vitamin A yang dihasilkan oleh wortel. Mengonsumsi kentos kelapa sangat cocok bagi anda yang sering berlama-lama di depan layar komputer ataupun laptop juga ponsel. Selain vitamin A kentos kelapa juga memiliki kandungan antioksidan yang disebut dengan betakaroten.

Antioksidan ini dapat mencegah terjadinya kerusakan sel pada kulit akibat radikal bebas, sehingga kulit menjadi cerah dan sehat. Sementara kandungan vitamin D nya dapat menyehatkan tulang dan juga gigi.