Beberapa Ragam Manfaat Dari Ashwagandha (Ginseng India) Bagi Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat – Tanaman ashwagandha di kenal dengan ginseng India atau gooseberry India, ialah salah satu ramuan obat yang terpenting dalam Ayurveda yaitu salah satu pengobatan India yang sudah banyak di manfaatkan sejak ribuah di tahun lalu.

Ashwagandha diklasifikasikan sebagai adaptogen yang sudah membantu tubuh dalam mengobati stress. Ekstra dari bubuk akar dan daun tanaman ini sudah banyak di gunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Untuk saat ini ashwagandha sudah banyak di jual dalam bentuk suplemen.

Nah berikut beberapa ragam manfaat ashwagandha yang berguna untuk kesehatan tubuh.

1 Mengurangi kadar kortisol

Kortisol sendir di kenal sebagai hormone stress yang di hasilkan oleh kelenjar adrenal. Kadar hormone yang akan meningkatkan saat kamu sedang stress. Dari beberapa kasus kadar kortisol yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan meyimpan lemak di perut.

Ashwagandha bisa membantu menurunkan kadar kortisol yang sudah di teliti dalam jurnal “Cureus”2019. Dalam pemberian ekstrak akan ashwagandha pada partisipan selama 8 minggu di temukan dapat menurunkan kadar hormone tersebut, dengan ini bermanfaat bisa membantu menurunkan stress dan kecemasan berlebih.

2 Mengurangi inflamasi

Ashwagandha bisa di manfaatkan sebagai salah satu Pereda nyeri dan punya sifat antiinflamasi atau juga di sebut dengan antiperadangan. Ashwagandha juga bisa meringankan gejala artritis, ashwagandha juga berpotensi untuk digunakan sebagai salah satu pengobatan sebagai pendukung dalam artritis rheumatoid.

3 Menurunkan kadar kolesterol

Jantung merupakan salah satu organ vital dari manusia. Dengan begitu kesehatannya harus di jaga dengan baik. Ashwagandha sendiri juga bisa mendukung kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada di dalam darah. Terdapat dalam “Indian Journal of Experimental Biology”2000, disebutkan bahwa akar dari ashwagandha berkhasiat bisa menurunkan total kolestrol, low-density lipoprotein atau kolestrol jahat, dan trigliserida.

Kolestrol sebetulnya salah satu faktor dari risiko dari penyakit jantung yang harus di perhatikan dalam menjaga kesehatan jantung menerapkan pola makan sehat, tidak merokok, rutin olahraga, dan juga menghindari stress.

4 Meningkatkan kekuatan dan massa otot

Ashwagandha memiliki manfaat bisa meningkatkan massa dan kekuatan otot. Dengan berdasakan dari sebuah penelitian “Journal of The International Society of Sports Nutrition”2015. Pemberian dari ekstrak akar ashwagandha selama kurang lebih 8 minggu pada partisipan laki-laki bisa meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Terdapat jika mengonsumsi ekstrak ashwagandha juga bisa mengalami penurunan kekurasan otot yang di sebabkan oleh latihan atau berolahraga, serta juga bisa menurunkan persentase lemak di dalam tubuh.

5 Meningkatkan testosteron dan kesuburan laki-laki

Suplemen ashwagandha memiliki efek terhadap kadar testosterone dan kesehatan reproduksi pada laki-laki. Penelitian memberikan bubuk ashwagandha kepada partisipan selama kurang lebih 3 bulan dengan hasil pemberian bubuk ashwagandha yang bisa menurunkan stress dan bisa meningkatkan kadar antioksidan, meningkatkan hormon testosterone, serta dengan adanya kualitas sperma di sebagian besar partisipan.

6 Meningkatkan fungsi otak

Ashwagandha diketahu bisa meningkatkan fungsi otak juga loh, memori, fokus, serta kemampuan melaksanakan tugas. Ashwagandha juga bisa menurunkan waktu reaksi partisipan yang bisa menunjukan efek positif dari fungsi psikomotor.

Ashwagandha sendiri bisa di gunakan untuk membantu pengobatan Alzheimer, yang mana bisa memperlambat dan mencegah kehilangan fungsi otak dan membantu pengobatan dari penyakit Alzheimer, Huntington, Parkinson, dan penyakit neurogeneratif lainya.

7 Membantu menurunkan kadar gula darah

Pemberian ashwagandha pada partisipan bisa mengurangi adanya kadar gula darah. Efek hipoglikemik dari akar ashwagandha bisa bermanfaat untuk meningkatkan adanya insulin, sehingga bisa di gunakan dalam membantu mengobati penderita diabetes.

Namun dari banyaknya manfaat dari Ashwagandha ini ialah pusing, sensasi berat kepala, peningkatan kadar testosterone secara berlebihan, penglihatan buram, dan peningkatan asam lambung. Dan ada juga beberapa dari kondisi yang tidak di perbolehkan untuk mengonsumsi ashwagandha seperti ibu hamil, menyusui, dan orang-orang dengan penyakit autoimun.