4 Alasan Makanan Segar Lebih Baik Untuk Kesehatan

Hidup SehatBerbagai cara untuk menjaga kesehatan selama masa pandemi virus corona saat ini, olahraga, tidur secara teratur dan juga mengatur pola makan sangatlah penting. Pola makan yang teratur juga bisa diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang masih segar.

Makan segar yang dimaksud adalah makanan yang berasal dari tumbuhan atau hewan yang belum diolah dengan teknologi pengawetan makanan. Tentu masih banyak masyarakat yang masih belum paham dengan alasan makanan segar lebih baik untuk kesehatan kita. Oleh sebab itu berikut beberapa alasan makanan segar lebih baik untuk kesehatan dikutip dari washingtonpost.

1. Hidrasi yang lebih tinggi

Kadar kandungan air yang ada didalam sayuran atau buah-buahan segar lebih tinggi daripada makanan yang sudah diproses. Kadar air yang tinggi sangat baik untuk memberikan hidrasi yang natural untuk kesehatan sel seluruh tubuh.

2. Kaya kandungan enzim

Enzim sangat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi dengan cara mengurai makanan hingga di serap oleh tubuh. Dalam makanan beku atau makanan yang sudah di proses, biasanya telah dihilangkan sehingga bisa bertahan dengan waktu yang lama. Oleh karena itu, makanan segar sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh.

3. Bebas toksin

Menaruh makanan di dalam plastik atau kemasan, serta menambhakan zat kimia tentu akan memperngaruhi kualitas dari makanan tersebut. Jika kemasan yang digunakan tidak sesuai dengan standart kualitas makanan maka akan memberi dampak buruk terhadap kesehatan. Biasanya makanan segar tidak menggunakan bungkus atau kemasan saat dijual dan tidak ada kandungan zat kimia seperti pengawet atau pewarna dalam makanan yang segar.

4. Nutrisi lebih banyak

Makanan segar akan memberikan nutrisi yang lebih banyak daripada makanan yang dibekukan. Vitamin dan mineral yang ada di makanan segar tidak terpengaruh apapun termasuk teknologi pengawetan makanan sehingga lebih terjaga dalam hal kuantitas nutrisi yang ada.