Mengenal Jenis Jamu Tradisional Beserta Khasiatnya

Hidup Sehat- Jamu adalah obat tradisional dari Indonesia yang sangat populer dengan sebutan obat herbal dikalangan masyarakat terlebih adanya pandemi virus corona saat ini.

Terbuat dari bahan-bahan yang alami, berupa bagian dari tumbuhan tertentu seperti akar, daun, kulit batang dan buah, jamu dikenal bisa menghasilkan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Meski sudah banyak jamu beredar di kalangan masyarakat yang diproduksi pabrik dalam suatu kemasan, namun masyarakat lebih memilih jamu racikan alami yang bisa dibuat sendiri. Ini dia 5 jenis jamu berserta dengan khasiatnya untuk kesehatan :

1. Temulawak

Jamu temulawak banyak dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan rasa pegal, gejala masuk angin dan berbagai penyakit lainnya seperti sakit kepala, maag, gangguan ginjal empedu, dan masih banyak yang lainnya. Jamu ini biasanya dibuat dipadukan dengan bahan lainnya seperti daun pandan, jinten, asam jawa maupun gula aren.

2. Kunyit Asam

Jika sering mengalami nyeri saat masuk masa menstruasi jamu kunyit asam bisa menjadi solusi untuk meradakan nyeri saat haid. Selain meredakan nyeri pada saat perut, kunyit asam juga bisa mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh atau yang biasa disebut dengan detoksifikasi, mencerahkan kulit, meredakan panas dalam, dan bisa menurukan berat badan yang sangat cocok untuk program diet. Sesuai dengan namanya jamu ini terbuat dari kunyit dan asam jawa yang diberikan beberapa tambahan rempah-rempah seperti temulawak, gula merah dan juga biji kedawung.

3. Beras Kencur

Jenis jamu ini adalah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, biasanya orang-orang memberikan jamu ini kepada anak-anak agar nafsu makannya bertambah. Beras kencur terbuat dari komposisi alami yang terdiri dari beras, kencur, jahe dan gula merah. Bahan-bahan lainnya yang digunakan tidak jauh dari jamu-jamu yang lainnya, ada biji kedawung, akar jahe, biji kapulogo dan lainnya. Manfaat beras kencur selain untuk menambah nafsu makan juga berguna untuk membuat tubuh lebih bugar dan meredakan pegal-pegal.

4. Brotowali

Jamu brotowali banyak mengandung alkaloid barberin dan columbina yang bisa membunuh bakteri yang terdapat pada luka-luka. Selain itu zat pikroretin adalah zat yang memberikan rasa pahit pada brotowali berguna unutk merangsan kerja urat saraf dan menjadikan sistem pernafasan bisa bekerja dengan baik, bersamaan dengan zat palmatin, glikosida, harsa, kolulin, dan zat pati. Walau rasanya tergolong pahit, namun brotowali memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

5. Daun Beluntas

Daun beluntas merupakan sebuah tanaman kecil yang bisa ditemukan di kawasan pantai. Daun beluntas bermanfaat unutk mengurangi rasa pegal linu, selain itu juga dapat menhilangkan bau badan, meredakan nyeri pinggang dan mengatasi perut kembung.