5 Manfaat Kulit Manggis yang Jarang Diketahui

Hidup Sehat- Kulit manggis merupakan salah satu bagian dari buah manggis yang mempunyai banyak manfaat terutama untuk pengobatan alternatif yang alami tanpa efek samping. Berbagai manfaat yang dihasilkan dari kulit manggis ini juga sudah melalui sejumlah penelitian dan dipublikasikan secara umum di jurnal-jurnal kesehatan.

Jurnal penelitian berjudul In vitro antioxidant properties of mangosteen peel extract yang diterbitkan oleh Weerayuth Suttirak dari sekolah farmasi, Walailak University, Thailand. Dalam jurnal tersebut disimpulkan bahwa kulit manggis merupakan salah satu sumber antioksidan alami.

Semantara itu pada penelitian lainnya yang dilakukan oleh Armelia Sari Widyarman dan kawan-kawannya dari Fakultas Kedokteran Gigig Universitas Trisakti menyebutkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat menjadi obat alternatif dalam mencegah karies dan penyakit periodintal. Mereka memberikan catatan dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengekplorasi hasil ini.

Seperti yang dikutip dari halaman utama thealthbenefitsof, zat yang terkandung pada kulit manggis yang membuat manggis memiliki kandungan zat xanthones yang tinggi. Saat ini kulit manggis banyak diolah dalam bentuk sirup. Zat yang terkandung dalam kulit manggis dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti diabetes dan kanker.

Berikut 5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dikutip dari halaman web thealthbenefitsof :

1. Mengobati Kanker

Dari hasil penelitian kulit manggis disebut dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, sekaligus mematikan sel-sel kanker yang sudah ada di tubuh pengidap penyakit kanker. Kandungan zat xanthone pada kulit manggis memiliki sifat anti apoptosis proliteratif, yang akan bekerja menghancurkan kanker dan sangat efektif dalam mencegah sel kanker.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan lainnya adalah mampu mencegah berbagai gangguan penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dikategorikan sebagai salah satu penyakit yang mematikan, karena jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Namun penyakit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi kulit ekstrak kulit manggis.

3. Mencegah Diabetes

Diabetes atau gula darah merupakan penyakit yang tergolong berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan lainnya seperti jantung dan stroke. Kulit manggis bisa menjadi salah satu alternatif untuk dapat membantu menurunkan diabetes, kandungan yang ada dalam kulit manggis dapat menurukan kadar gula darah dalam urine.

4. Meningkatkan Imunitas

Mengonsumsi kulit manggis dalam bentuk jus maupun herbal dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh kuat dalam menjaga imunitas tubuh dan juga kekebalan tubuh. Antioksidan pada yang terkandung dalam kulit manggis berperan sebagai bahan alami yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, terlebih dengan kondisi pandemi seperti saat ini, sangat cocok untuk upaya mencegah virus corona.

5. Mengatasi Diare

Kulit Manggis juga sangat ampuh untuk mengatasi diare, senyawa yang terdapat pada kulit manggis sangat baik untuk memperlancar pencernaan tubuh dan menghilangkan bakteri penyebab diare.