Cara Agar Buah dan Sayur Tidak Terkontaminasi Bakteri atau Virus

Hidup Sehat- Mayoritas masyarakat Indonesia belum bisa kembali beraktifitas seperti semula, karena penyebaran virus corona sampai saat ini masih belum mengalami penurunan.

Namun kebutuhan sehari-hari harus tetap dipenuhi, termasuk dengan buah dan sayur untuk melengkapi kebutuhan gizi agar daya tahan tubuh optimal. Jika membeli buah dan sayur, ada beberapa cara yang dilansir dari NDTV agar buah dan sayur yang dibeli tidak tekontaminasi berbagai macam bakteri atau virus, termasuk dengan virus corona. Ada 4 cara yang diperhatikan agar buah dan sayur tidak terkontaminasi, diantaranya adalah :

1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Mencuci tangan sangatlah penting dilakukan untuk memutus rantai penularan virus corona. Bahkan ketika membilas buah atau sayuran harus memastikan terlebih dahulu tangan benar-benar dalam keadaan bersih dan higenis. Cuci tangan setidaknya 20 detik dengan menggunakan sabun sebelum membersihkan buah atau sayuran agar tangan higenis.

2. Bilas Buah dan Sayur pada Air Mengalir

Hasil buah dan sayuran yang dibeli di pasar bisa dibilas dengan air dengan keadaan mengalir, kemudian dilanjutkan dengan menggosok menggunakan tangan agar benar-benar bersih. Itu semua diperlukan untuk membersihkan buah dan sayuran sesuai dengan rekomendasi FDA yang menyebut pembilasan dilakukan sebelum dikupas agar kotoran dan juga bakteri tidak bisa ditularkan dari pisau ke buah dan sayuran.

3. Tidak Perlu Menggunakan Sabun dan Detergen

Membersihkan sayur dan buah tidak perlu menggunakan sabun atau juga detergen. Cukup menggunakan air yang sedang mengalir dan digosok dengan tangan secara perlahan. Bila ada cacat pada sayur atau buahm buanglah bagian tersebut sebelum dicuci.

4. Gunakan Sikat atau Spon Untuk Membersihkan

Pada saat membersihkan sayur umbi-umbian seperti wortel atau kentang, sikat atau spons bisa menjadi alternatif yang bisa digunakan untuk memastikan sayur dan buah dalam keadaan benar-benar bersih. Selain itu, buah dan sayuran padat seperti melon dan mentimun juga bisa dibersihkan dengan cara digosok menggunakan spons agar bisa bersih secara maksimal.

Dengan cara mencuci buah dan sayur ini, penyebaran virus ataupun berbahaya bisa diminimalisir agar bisa membantu bertahan di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini.