5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Hidup Sehat- Sejak lama lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman obat alami yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya masalah pada bagian kulit. Selain dapat membantu mengatasi berbagai jenis masalah kulit, tanaman lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan secara secara menyeluruh.

Lidah Buaya yang mempunyai bahasa medis Aloe barbadensis dikenal masuk dalam salah satu jenis tanaman obat yang sudah banyak dilakukan penelitian untuk tujuan pengobatan.

Berikut 5 manfaat lidah buaya untuk kesehatan mengutip dari beberapa sumber :

1. Menurunkan Gula Darah

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal berjudul Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy menjelaskan, berbagai olahan lidah buaya bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Contohnya jus lidah buaya, dengan 2 sendok makan jus lidah buaya per hati. kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes tipe dua akan turun. Penelitian ini diperkuat dengan temuan studi berikutnya yang memanfaatkan olahan esktrak lidah buaya lainnya.

Namun yang patut menjadi catatan ialah orang yang sudah mengonsumsi obat penurun gula darah sebaiknya berhati-hati ketika akan menggunakan lidah buaya. Konsumsi obat yang dikonsumsi bersamaan dengan jus lidah buaya bisa membuat gula darah menurun drastis.

2. Laksatif Alami

Lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk pencernaan, khususnya sebagai laksatif atau pencahar yang alami. Penelitian telah dilakukan dengan melibatkan tikus menemukan, gel dari lidah buaya mampu meredakan sembelit. Dikutip dari Everyday Helath, kandungan aloin pada lidah buaya disebut-sebut bagai zat yang berfungsi meredakan sembelit. Aloin terdapat pada bagian lateks lidah buaya atau lapisan berwarna kuning diluar gel. Mayo Clinic juga menyampaikan untuk pegunaannya hanya perlu dalam dosis kecil saja, sekitar 0,04 sampai dengan 0.17 gr.

Namun untuk orang yang sedang menderita penyakit radang usus kronis dan wasir tidak disarankan untuk mengonsumsi lidah buaya karena bisa karena akan menimbulkan efek samping kram perut dan juga diare. Selain itu orang yang sudah terbiasa mengonsumsi obat pencernaan juga disarankan untuk tidak mengonsumsi lidah buaya sebab bisa menurunkan fungsi tubuh dalam menyerap kandungan obat.

3. Menyembuhkan Kulit dari Luka Bakar

Khasiat lidah buaya untuk kulit memang sudah banyak di ketahui oleh masyarakat, lidah buaya digunakan untuk mengatasi luka, khususnya kulit yang disebakan oleh luka bakar. Kandungan antioksidan yang disebut polifenol dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri sehingga dapat menyembuhkan luka-luka dengan optimal.

4. Meredam Heartburn

Penyakit gastroesophageal reflux disease atau yang biasa disingkat gerd, seringkali menyebabkan heartburn atau muncul rasa panas pada bagian belakang tulang dada . yang pada umumnya muncul saat tubuh berbaring atau sedang membungkuk. Mengonsumsi lidah buaya terbukti bisa meredakan rasa panas yang yang muncul akibat heartburn.

Sebuah penelitian pada tahun 2010 menyebutkan, mengonsumsi 28 sampai 84 gram gel lidah buaya saat jam makan bisa mengatasi gejala gerd termasuk dengan heartburn. Selain itu lidah buaya juga memiliki khasiat untuk masalah pencernaan lainnya seperti konstipasi.

5. Membantu Membersihkan Jerawat

Pengaplikasian lidah buaya segar pada kulit mampu membantu membersihkan jerawat. Dilansir dari Heatlhline, penelitan kecil yang dilakukan pada tahun 2014 telah menemukan obat dalam bentuk krim yang berguna membersihkan jerawat dan mengatasi munculnya jerawat baru.

Tidak hanya jerawat, khasiat lidah buaya untuk kulit juga bisa dilihat dari kemampuannya mengurangi kerutan dan memperhalus wajah. Penelitian pada tahun 2009 yang dilakukan terhadap 30 perempuan berusia diatas 45 tahun, ditemukan bahwa mengonsumsi lidah buaya bisa meningkatkan produksi kolagen dan bisa mengencangkan kulit.