7 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat- Daun salam banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai penyedap rasa alami berbagai jenis masakan untuk menambahkan cita rasa seperti tumisan dan pepes. Selain digunakan untuk menambahkan cita rasa pada masakan ternyata daun salam kering ataupun yang masih segar juga memiliki berbagai manfaat salah satunya untuk kesehatan.

Tanaman dengan nama latin Eugenia Polyantha Wight ini banyak tumbuh luar di kawasan hutan pegunungan. Tinggi pohonnya bisa mencapai 25 meter dengan daun yang rimbun. Daun salam sendiri diketahui memiliki kandungan zat-zat warna dan zat tanin yang bersifat astringent. Dengan berbagai kandungan zat yang ada daun salam yang sudah kering bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat daun salam yang sudah kering :

1. Daun salam untuk darah tinggi

Air rebusan dari daun salam bisa digunakan sebagai pengobatan secara alami untuk mengatasi darah tinggi. Karena daun salam mengandung kadar mineral yang bisa membantu peredaran darah menjadi lancar. Hasil air rebusan daun salam sebaiknya dikonsumsi secara rutin bagi penderita hipertensi. Dengan begitu, keluhan darah tingginya bisa mulai membaik.

2. Daun salam untuk kaum hawa

Untuk kaum hawa, daun salam memiliki banyak khasiat terlebih untuk kecantikan, karena daun salam mengandung zat astrungent yang bisa menyusutkan pori-pori wajah dan juga membersihkan jerawat di wajah. Namun dengan catatan harus dilakukan secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Daun salam untuk kolesterol

Dengan olahan yang sama yakni direbus, mengonsumsi air rebusan daun salam dapat mengontrol kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Caranya cukup mudah yakni cukup dengan merebus tujuh lembar daun dan 30 gram daun ceremai dalam air 600ml. Kemudian masak airnya hingga berkurang hingga setengahnya, minum air rebusan secara teratur agar kadar kolesterol dapat berkurang secara bertahap.

4. Daun salam untuk asam urat

Kandungan zat diuretik yang ada pada daun salam bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Karena kandungan zat diuretik bisa meningkatkan produksi urine dalam tubuh yang berdampak pada penurunan kadar asam urat. Selain itu sifat analgesiknya juga bisa mengurangi rasa nyeri asam urat menyerang.

5. Daun salam untuk diet

Minum air rebusan daun salam juga mampu menurunkan berat, caranya cukup dengan merebus sebanyak tujuh lembar daun dan diseduh selama setengah jam. Minum air dua kali secara rutin selama satu bulan untuk bisa melihat hasilnya.

6. Daun salam untuk jantung

Daun salam juga memiliki kandungan flavonoid yang bisa menyehatkan jantung bagi yang mengonsumsinya secara teratur. Kaerna, kandungan tersebut bisa mencegah stroke dengan cara mengecerkan darah sehinnga alirah darah ke seluruh tubuh bisa lancar dan membuat jantung bisa berfungsi dengan baik.

7. Daun salam untuk diabetes

Kandungan antioksidan yang ada di daun salam sangat tinggi, oleh karena itu bisa membantu mengatasi diabetes. Sebab, antioksidan dalam tubuh akan membantu proses insulin guna mengolah kadar gula dalam tubuh lebih efisien.