7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

Hidup Sehat- Ketumbar memiliki berbagai manfaat cukup banyak, selain terkenal sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang banyak digunakan banyak masyarakat Indoenesia. Salah satu rempah yang banyak tumbuh di Indonesia dan beberapa negara lain di kawasan Asia ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan sebagai pengobatan.

Biji ketumbar memiliki warna kecoklatan dan berbentuk bulat, ketumbar juga memiliki kandungan minya esensial yang bisa memberikan cita rasa khas pada masakan. Tidak hanya pada bagian bijinya saja, daun ketumbar juga banyak dicari untuk disajikan sebagai pendamping makanan untuk memberikan cita rasa yang berbeda. Secara tradisional ketumbar sering dimanfaatkan untuk kesehatan

Berikut 7 manfaat ketumbar untuk kesehatan yang harus diketahui :

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh California University of Ayurveda, biji ketumbar cukup efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti kulit gatal, ruam dan juga peradangan. Manfaat ketumbar untuk kecantikan karena biji ketumbar memiliki zat yang bersifat antiseptik.

Selain itu, biji ketumbar juga memiliki kandungan asam linoleat yang bermanfaat sebagai pereda nyeri untuk mengurangi iritasi.

2. Membantu Mengatasi Diabetes

Manfaat ketumbar selanjutnya dalah membantu mengatasi penyakit diabetes, beberapa percobaan secara tradisional menggunakan biji ketumbar sedcara teratur bisa menjaga gula darah. Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition, menyatakan bahwa ekstrak biji ketumbar memiliki zat tertentu dimana pada saat dibuang ke dalam darah menyebabkan anti hiperglikemik, pelepasan insulin dan juga gerakan insulin yang menahan kadar glukosa manusia dalam kadar yang tepat.

3. Membantu Pertumbuhan Rambut

Rambut rontok bisa terjadi karena folikel rambut melemah atau kurang nutrisi, hormon tidak seimbang dan juga stres serta pola makan yang kurang bagus. Biji ketumbar diketahui dapat mencegah rambut rontok dan menyegarkan akar untuk perkembangan rambut dan bisa mencegah rambut rontok.

4. Memperlancar Proses Pencernaan

Dikutip dari NDTV, menurut Amol Ghosh, Clinical Tutor (Rtd), N.R.S Hospital, Kolkata menjelaskan, Biji ketumbar memiliki sifat antioksidan dan serat makanan yang membantu kerja hati yang sehat dan dapat membantu memperlancar buang air besar. Hal itu terjadi karena mereka membantu dalam pembentukan senyawa dan cairan pencernaan yang membantu proses pencernaan. Dengan ini biji ketumbar bisa ditambahkan ke makanan untuk bisa membantu memperlancar pencernaan.

Kepala Ahli Gizi SmartCooky, Dr. Rupali Datta, menuturkan bahwa biji ketumbar menambah nikmat pada makanan dan membantu melancarkan proses pencernaan, selain itu ketumbar merupakan sumber serat, fosfor dan kalsium.

5. Mencegah Kolestrol Tinggi

Ketumbar juga bermanfaat untuk kesehatan jantung salah satunya dengan menjaga kolesterol darah tetap stabil dan tidak terlalu tinggi. Kadar yang tinggi akan menjadi kekhawatiran tersendiri saat melakukan pemeriksaan, agar kadarnya tetap stabil, biji ketumbar bisa menjadi alternatifnya.

Menurut Indrani Subramanian dari Apollo Hospital, Kolkata. Biji ketumbar memiliki kandungan senyawa yang dapat membantu mengontrol proses pencernaan lipid, sehingga menurunkan kadar kolesterol. Biji ketumbar juga bisa membantu tubuh untuk mencerna makanan dan menyerap lemak.

6. Menyembuhkan Flu

Vitamin C merupakan sumber antioksidan kuat yang snagat penting untuk tubuh yang sehat serta kulit yang bagus. Biji ketumbar memiliki kandungan banyak vitamin utama seperti asam folat, vitamin A dan betakaroten serta vitamin C. Menurut Rathod dari Vedic Healing, daun dan biji ketumbar memiliki kandungan hampir 30 persen dari jumlah vitamin C yang disarankan setiap hari agar dapat membantu penyembuhan penyakit flu.

7. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Dilansir dari Healthline, salah satu khasiat ketumbar adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Ketumbar mengandung beberapa antioksidan yang mencegah terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas. Zat senyawa ini termasuk terpinene, quercetin dan tokoferol yang mungkin memiliki bisa mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi saraf.