3 Makanan Alami yang Berkhasiat Menyehatkan Jantung

Hidup Sehat- Penyakit jantung bisa mernjadi penyakit yang berbahaya, penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara mengonsumsi makanan sehat berbahan dasar nabati.

Kesehatan jantung tergantung degnan gaya hidup seseorang, pola makan sehat adalah salah satu unsur penting yang bisa membantu melindungi jantung dari berbagai penyakit. Untuk menu makanan, utamakan mengonsumsi makanan berbahan nabati ituh sebagai cara terbaik untuk menningkatkan kesehatan jantung.

Berbagai pilihan makanan untuk kesehatan jatung itu hadir mulai dari buah-buahan, sayur, rempah hingga kacang-kacangan. Sebuah studi menjelaskan bahwa salah satu cara utnuk mengatasi masalah kesehatan jatung bisa dengan mengonsumsi buah atau sayur setiap harinya secara rutin. Memilih makanan nabati juga dapat membalikkan gejala gagal jantung karena, makanan tersebut kaya akan serta yang secara alami dapat menurunkan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan jantung.

3 Makanan Nabati Untuk Kesehatan Jantung dilansir dari The Beet :

1. Alpukat

Banyak orang yang mengetahui alpukat memiliki kandungan lemak yang bisa menyebabkan kegemukan, namun kandungan lemak tersebut merupakan lemak baik yang dapat memberikan dampak kesehatan. Dengan lima gram lemak dalam alpukat dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat buah alpukat ini telah dubuktikan dengan banyak penelitian, salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Pennysylvania State University di Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut menemukan kandungan serat polifenol, dan fitosterol pada alpukat yang bermanfaat memerangi penyakit.

Selain untuk kesehatan jantung, mengonsumsi alpukat juga dapat menurunkan kadar kolesterol, mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga penyakit diabetes juga ikut menurun. Para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi alpukat secara teratur, bisa dimakan secara langsung, dicampur ke salad ataupun dengan cara olahan lainnya,

2. Tomat

Tomat atau yang sering disebut dengan tomat jamak merupakan makanan yang menyehatakan mata, hal itu memang benar adanya. Namun selain untuk kesehatan mata, tomat juga baik untuk kesehatan jantung karena kadungan likopen atau bahan kimia yang memberikan warna merah cerah pada tomat. Likopen juga merupakan jenis antioksidan yang berfungsi sebagai pembangkit tenaga untuk menjaga sel agar tidak rusak.

Likopen tersebut juga berfungsi untuk menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan likopen yang tinggi bisa dihasilkan oleh tomat yang sudah dimask, oleh karena itu sangat disarankan untuk memasukan tomat ke dalam menu harian.

3. Bawang Putih

Populer sebagai salah satu bumbu masak, bawang putih juga bisa dimanfaatkan dalam hal kesehatan yakni untuk pengobatan. Bumbu penyedap makanan ini jika dicincang akan melepaskan allicin, senyawa yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, dengan itu maka bisa berfungsi untuk melindungi jantung dari berbagai penyakit.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The National Library of Medicine, orang yang memiliki masalah pada kolesterol harus mencoba untuk mengonsumsi suplemen bawang putih, karena bawang putih terbukti dapat mengurangi kadar kolseterol jahat sebesar 10 hingga 15 persen.

Selain itu manfaat bawang putih bisa menyehatkan saluran pencernaan, mencegah kanker, menurunkan tekanan adarah hingga mencegah pilek. Bawang putih bisa dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam masakan atau mengonsumi mentah-mentah.