5 Buah Serat Tinggi yang Cocok Untuk Diet

Hidup Sehat- Banyak orang yang tidak suka makan buah-buahan, namun buah sangat banyak manfaatnya salah satunya buah yang tinggi akan serat yang dibutuhkan untuk kesehatan. Oleh karena itu sebenarnya tidak ada alasan untuk orang tidak mengonsumsi buah.

Dikutip dari Byrdie dan Healthline, serat yang merupakan kandungan zat dari makanan sumber nabati banyak memiliki fungsi untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula darah, mengatasi sembelit dan juga mengontrol berat badan dan kesehatan penceranaan. Untuk wanita dibawah 50 tahun, direkomendasikan mendapatkan asupan 25 gram serat makan per hari sedangkan untuk pria direkomendasikan mendapatkan asupan 38 gram serat makanan per hari. Namun, banyak orang yang belum memenuhi kebutuhan tersebut dan hanya makan setengahnya saja.

Berikut beberapa buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi

1. Pir

Pir merupakan jenis buah yang enak dan memiliki gizi tinggi, buah ini merupakan salah satu sumber serat buah terbaik. Buah pir memiliki kandungan vitamin C, vitamin B, vitamin K, tembaga, magnesium dan kalium. Kandungan serat buah pir yakni 5,5 gram dalam buah pir yang berukuran sedang atau bisa babarkan secara detail 3,1 gram serat per 100gram buah pir.

2. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu buah yang memiki serat tinggi, mengonsumsi buah jauh lebih sehat dari pada junk food manapun. Stroberi juga menjadi salah satu buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang ada di buah stroberi karena serat vitamin C dan kandungan antioksidan. Kandungan serat pada buah stroberi yakni sebesar 2 gram per 100 gram buah stroberi. Jumlah ini tergolong tinggi mengingat kandungan kalori yang rendah pada buah stroberi.

3. Apel

Apel adalah slah satu buah yang berserat tinggi dengan rasa yang manis, kandungan seratnya yakni 4,4 gram dalam apel ukuran sedang atau 2,4 gram per 100 gram buah apel. Buah ini sangat populer untuk yang sedang melakukan program diet karena dapat membuat kenyang lebih lama. Apel juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh.

4. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah penghasil nutrisi yang baik, karena mengandung vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Kandungan serat dalam pisang yakni 3,1 gram pada pisang yang berukuran sedang atau 2,6 gram per 100 gram. Pisang juga dapat membantu mengatasi diare. Selain itu buah ini juga sangat mudah di dapatkan secara mudah.

5. Pepaya

Yang terakhir pepaya, buah pepaya merupakan buah berserat tinggi yang rasanya manis. Buah ini mengandung serat hingga 1,3 gram per 100 gram buahnya. Pada umumnya pepaya dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan dan sangat cocok untuk orang yang sedang melakukan diet karena buah ini bisa membuat kenyang dengan waktu yang lebih lama dibanding dengan buah yang lainnya. Buah ini juga sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau.