Ikuti 4 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Ini Agar Berumur Panjang

Hidup Sehat- Sampai saat ini Orang Jepang memegang rekor sebagai orang paling panjang umurnya yakni lebih dari 100 tahun, dengan gaya hidup sehat yang sudah ia terapkan. Hampir seluruh orang yang ada di dunia ingin bisa hidup lebih dari 100 tahun. Mencapai usia tersebut tentu tidaklah mudah, apalagi semakin kita berumur maka semakin turun daya tahan tubuh kita.

Jepang tercatat menjadi negara yang mempunyai penduduk usia terpanjang di dunia sekaligus paling sehat. Selain itu penduduk negara Jepang jarang sekali menderita penyaki-penyakit serius dibandingan dengan negara lainnya. Hal tersebut tidak lepas dari gaya hidup sehat, makanan sehat dan juga kebiasaan yang sehat yang memang mereka terapkan sejak dini.

Jika ingin menjalani hidup sehat, anda bisa mencoba beberapa kebiasaan sehat orang Jepang yang di kutip dari berbagai sumber :

1. Makan banyak rumput laut

Tidak ada hari yang dilewatkan oleh orang Jepang tanpa mengonsumsi rumput laut, sebagai negera yang berbatasan secara langsung dengan laut. Rumput laut menjadi sumber makanan yang bergizi yang mudah didapatkan dan juga mudah diolah. Rumput laut memiliki banyak kandungan gizi diantaranya adalah yodium, tembaga, zat besi, antioksidan, protein, serat dan lemak omega 3 yang juga terdapat pada ikan laut.

Rumput laut kering atau yang dikenal sebagai nori, biasanya dimakan dengan nasi putih, onigiri, sushi, untuk taburan sup maupun salad juga campuran kue. Sedangkan rumput laut segar biasanya digunakan untuk salad atau kaldu, sekarang ini juga banyak produk rumput laut segar dan kering yang dijual dipasaran sehingga mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

2. Mengonsumsi Seafood

Melihat seafood segar yang selalu ada dalam pola makan sehat sehari-hari orang Jepang maka tidak heran jika Jepang menjadi negara yang tersehat di dunia dan menjadi negara paling sedikit penderita penyakit jantung di seluruh dunia. Dalam menu sehari-hari orang Jepang selalu mengonsumsi sekitar 100 gram seafood atau 34 kg per tahun. Seafood sendiri di Jepang memang sangat mudah didapatkan dan harganya terjangkau.

Kandungan protein, rendah lemak dan kaya akan omega 3 juga lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi seafood dua kali seminggu tidak hanya menyehatkan jatung namun juta untuk otak dan juga bisa mengontrol emosi. Seafood dipanggang atau dibakar lebih menyehatkan.

3. Minum Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman sehat dan dinikmati setiap hari di Jepang, teh hijau sendiri memiliki kandungan antioksidan polyphenol yang bisa mencegah peradangan, melindungi sel, juga memberi bakteri pada usus. Semua kandungan tersebut bisa membuat daya tahan tubuh kuat dan menghindari berbagai penyakit.

Teh hijau biasanya dinikmati dari seduahn daun teh atau dalam bentuk bubuk juga matcha, matcha dinikmati dalam upacara minum teh chanoyu, dan kini banyak dibuat racikan minuman, matcha latte, aneka dessert dan kue.

Sudah menjadi kebiasaan orang Jepang menikmati seduhan daun teh hijau tanpa tambahan gula. Khasiat teh hijau dengan kandungan antioksidan tinggi membuat teh hijau digolongkan sebagai superfood yang masih populer sampai dengan saat ini dan menjadi salah satu rahasia panjang umur.

4. Berhenti makan sebelum kenyang

Saat orang Jepang makan, mereka selalu menganut konsep hara hachi bu atau berhenti makan saat 80 persen perut terisi sehingga masih ada ruang dalam perut sehingga bisa merasa nyaman. Konsep ini mengacu makan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Penting untuk selalu mengenali apa yang sedang dibutuhkan oleh tubuh kita sehinga asupan kalori bisa dikontrol dengan baik. Karena itu porsi makanan dalam menu Jepang selalu dalam jumlah yang sedang bahkan kecil, tetapi tetap memenuhi konsep gizi seimbang yang diperlukan oleh tubuh. Ada karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin yang cukup untuk sekali makan saja.