Minuman Enak Yang Bisa Memberikan Asupan Elektrolit

Hidup Sehat- Tubuh kita memerlukan elektrolit yang cukup agar fungsi organ tubuh bisa berfungsi secara optimal, salah satunya melalui minuman yang mengandung elekrolit.

Elektolit adalah mineral kandungan yang ada di dalam tubuh yang berfungsi memberikan asupan tenaga. Yang termasuk dalam mineral adalah sodum, kalsium, potassium, bikarbonat, magnesium, klorida dan fosfat. Semua nutrisi tersebut berperan penting dalam fungsi berbagai organ tubuh manusia.

Kalsium dan magnesium diperlukan untuk kontraksi otot, jika asupan elekrolit pada tubuh kurang maka kesehatan bisa terganggu. Seperti dehidrasi yang disebabkan oleh elektolit yang tidak seimbang, selain itu elekrolit juga berperan penting pada fungsi otot, tekanan darah dan fungsi syaraf. Asupan elektolit setiap harinya bisa dijaga dengan mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan elektrolit, dikutip dari USnews dan beberapa sumber yang terpercaya, berikut minuman yang memiliki kandungan elektrolit tinggi yang bisa dikonsumsi, terutama setelah melakukan kegiatan berat.

1. Air Kelapa

Air yang ada dalam kelapa muda sangat menyegarkan, selain rasanya manis secara alami setiap 240 ml air kelapa bisa memberikan asupan 470 ml potassium dan 25 mg sodium.

Setiap orang setelah melakukan kerja berat yang menguras tenaga harus memperhatikan asupan sodium karena sodium paling banyak hilang dalam keringat. Maka dari itu jika berkeringat banyak perlu untuk memenuhi asupan sodium yang sudah hilang.

Air kelapa populer sebagai pengganti minuman energi yang sehat, selain rasanya enak dan manis. Air Kelapa juga sangat mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau, makin nikmat ketika diminum dalam keadaan dingin.

2. Jus Buah Murni

Berbagai jenis buah banyak memiliki kandungan elektrolit, seperti semangka dan jeruk. Buah tersebut bisa diolah menjadi menjadi bermacam jenis jus buah yang menghasilkan banyak asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Jus buah murni atau alami, seratus persen mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi. Untuk jus buah yang terlalu manis bisa ditambahkan air. Sebaiknya membuat jus buah segar sendiri tanpa menggunakan bahan tambahan seperti gula atau pemanis.

Setiap 100 gram buah semangka mengandung 92 gram air, 26 kalori, 93,8 mg kalium, 7 mg kalsium, 12 mg fosfor dan 7 mg natrium. Sedangkan untuk 100 gram jeruk akan menghasilkan 53 kalori, 166 mg kalium, 10,58 gula dan 1,8 gr serat.

3. Susu Nabati

Susu dari bahan nabati sekarang ini sedang banyak dicari oleh banyak orang. Banyak digunakan untuk mereka yang ingin mencoba hidup sehat atau tidak suka laktosa dan tidak suka dengan susu sapi. Susu nabai terbaut dari almond, kacang kedelai dan santan untuk rasanya gurih dan kental menyerupai susu sapi.

Susu nabati ini merupakan sumber elektrolit yang bagus, meski kandungan elekrolitnya masih dibawah susu sapi segar namun tidak perlu khawatir, susu ini cukup untuk memenuhi asupan elektolit yang dibutuhkan setiap hari.