5 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh!

Hidup Sehat – Kalau bicara soal rebung atau bambu muda, yang ada di pikiran kita mungkin saja adalah bau rebung yang cukup unik. Tak hanya baunya yang unik, rasa sayur rebung juga cukup unik. Bahkan, tekstur rebung bisa dibilang juga unik dan cukup berbeda dari sayur pada umumnya. Perlu diketahui di balik rasa, tekstur dan bau rebung yang cukup unik ini ternyata tersimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan lho. Apa saja manfaat sehat tersebut?

1. Melawan kanker

Para peneliti dan ahli kesehatan mengatakan bahwa rebung bisa menjadi makanan yang melawan kanker. Kenapa hal ini terjadi? Karena, rebung tumbuh secara alami dan tanpa bahan kimia. Adanya kandungan fitosterol di dalam rebung seperti amilase, falvone dan klorofil menjadikan rebung sebagai makanan yang tepat untuk melawan risiko kanker.

2. Melancarkan siklus menstruasi

Beberapa study mengungkapkan bahwa rebung bisa melancarkan siklus menstruasi. Jika siklus menstruasi gak lancar, cobalah untuk makan rebung. Nutrisi pada rebung dikatakan bisa melancarkan masalah menstruasi yang tidak lancar. Konsumsi rebung juga bisa meringankan nyeri akibat menstruasi di hari pertama.

3. Menyehatkan pencernaan

Para ahli yakin bahwa konsumsi rebung secara teratur bisa membuat sistem pencernaan selalu sehat. Beberapa masalah pencernaan bahkan bisa diatasi dengan konsumsi rebung. Salah satu masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan konsumsi rebung adalah cacingan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini sendiri, disarankan agar memanfaatkan rebung. Para peneliti menyebutkan jika nutrisi pada rebung bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin yang terkandung di dalam rebung bahkan dipercaya bisa memaksimalkan kesehatan seseorang.

5. Menurunkan kolesterol

Study menyebutkan jika sayur rebung bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini terjadi karena rebung adalah makanan yang rendah lemak, rendah gula dan rendah kalori. Tak hanya bisa menurunkan kolesterol, rebung juga dipercaya bisa menyehatkan jantung.