5 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui!

Hidup Sehat – Pernahkah terpikir mengapa permasalahan hidup terasa lebih ringan setelah tertawa? Perasaan bahagia mempengaruhi mood kamu dalam mengambil keputusan bahkan lebih dari itu, tawa yang baik dapat meningkatkan kesehatan tubuh kamu. Tidak percaya? Yuk simak 5 manfaat tertawa bagi kesehatan tubuhmu.

1. Meningkatkan kesehatan sistem jantung

Tertawa dapat memperlebar Endotelium yang berfungsi sebagai penghalang yang mengontrol transit sel darah putih ke dalam dan luar aliran darah. Oleh karena itu sirkulasi darah menjadi lancar dan mengurangi risiko cardiovascular disease atau penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

2. Obat rasa sakit alami

Endorphin yang dihasilkan dari tawa dapat membantu kamu menjadi lebih relax dan merasa nyaman. Terjadi pada kasus Norman Cousins, seorang jurnalis Amerika yang mengatakan bahwa tertawa secara intens selama 10 menit dan menghilangkan rasa sakit. Bahkan narkoba jenis morphine pun tidak dapat melakukan itu.

3. Mengurangi stress

Ketika kamu sedang stress atau banyak pikiran, tubuhmu akan menghasilkan hormon stress seperti cortisol. Meningkatnya hormon cortisol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan bahaya depresi juga penyakit jantung. Tapi tertawa dapat menjaga agar hormone cortisol tetap berada rendah, bahkan tertawa juga dapat membuat tidur kamu lebih berkualitas.

4. Latihan erobik yang menyenangkan

Kamu yang selama ini merasa tidak punya waktu untuk berolahraga, harusnya tidak ada alasan untuk kamu tidak tertawa. Tertawa adalah bentuk latihan aerobik yang menyenangkan. Ketika kamu tertawa otot-otot bekerja seperti sedang latihan aerobik, dengan 15 menit tertawa maka dapat membakar 10-40 kalori tergantung berat badan orang yang tertawa.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beta-endorphine yang dilepaskan ketika kamu tertawa akan menstimulasi pembentukan sel T yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang virus atau bakteri jahat yang merusak tubuh.

Tertawa yang baik memiliki banyak manfaat yang tidak terduga. Cobalah berhenti untuk menangisi sesuatu tapi mulailah jalani hidup ini lebih optimis. Jangan lupa untuk bahagia dan membagi tawamu kepada orang-orang sekitar. Tapi jangan tertawa terus-menerus ya!