5 Manfaat Baca Buku Sebelum Tidur untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Mungkin kamu sering sekali mendengar kalimat “Membaca adalah jendela dunia”.Kini tampaknya kebiasaan membaca buku adalah suatu hal yang terlupakan kecuali untuk kepentingan tertentu saja. Di balik membuat wawasan dan pengetahuanmu semakin dalam. Ternyata membaca mengandung manfaat untuk kesehatan lho, termasuk jika membaca sebelum tidur.

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Fungsi kognitif adalah proses mental yang memungkinkan seseorang dapat melakukan tugas apa pun. Salah satu manfaat membaca adalah melatih dan mengetes fungsi kognitif tersebut. Northern Illinois University melakukan penelitian dan memublikasikan bahwa pembaca mempunyai kosa kata dan pengetahuan umum yang lebih tinggi daripada non-pembaca. Disimpulkan olehnya bahwa membaca sebelum tidur akan membuat seseorang semakin berwawasan.

2. Mengurangi permasalahan mental

Pada mulanya buku tidak pernah dikaitkan dengan terapi pengobatan mental. Namun seorang dokter di Inggris melakukan hal ini pada pasiennya yang menderita kecemasan dan depresi ringan hingga sedang. Tak disangka, hasilnya pasien-pasien tersebut berhasil mengurangi gejala permasalahan mental tersebut.

3. Dapat meningkatkan kualitas tidur

National Sleep Foundation mengemukakan bahwa membaca secara santai sebelum tidur artinya mempersiapkan tubuh untuk tidur dan membantu pikiran terlepas sejenak dari tekanan hidup. Bahkan membaca sebelum tidur pun membuat kualitas tidur lebih bagus.

4. Mengurangi kadar kortisol yang berlebih

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Dampak yang ditimbulkan adalah masalah pada pencernaan, berat badan, lelah dan depresi. Nah, manfaat dari membaca sebelum tidur adalah mengurangi kadar kortisol tersebut, artinya stres dan beban yang dirasakan pun semakin berkurang.

5. Mengurangi risiko alzheimer

Pada kenyatannya alzheimer bukan suatu hal yang bisa dicegah. Namun dengan dibiasaan membaca sebelum tidur dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan hal ini dihubungan dengan alzheimer yang lebih rendah. Setiap hal yang berhubungan dengan otak akan membantu berkurangnya gejala alzheimer. Lembaga tersebut pun menyarankan orang dewasa rutin membaca guna menjaga mentalnya hingga tua nanti.