Kenali 5 Kemungkinan Penyebabnya Gigi Permanen Anak Terlambat Tumbuh

Hidup Sehat – Tidak sedikit orang tua yang cemas dengan waktu tumbuh gigi anak yang lambat. Tumbuhnya gigi permanen anak tentu saja menjadi perhatian bagi para orang tua. Perihal waktu tumbuh gigi permanen anak, atau yang disebut dengan erupsi gigi sangatlah bervariasi dan tidak selalu sama pada setiap anak.

Pemikiran bahwa adanya kemungkinan masalah yang terjadi pada tahap perkembangan giginya, tentu menyebabkan kekhawatiran tersendiri. Padahal, gigi permanen anak yang terlambat tumbuh ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor, lho.

  • Kekurangan vitamin D, kalsium, dan fosfor

Kurangnya asupan gizi pada anak juga memiliki pengaruh yang besar pada pertumbuhan giginya. Tidak sedikit anak yang mengalami keterlambatan erupsi gigi disebabkan karena kurangnya faktor nutrisi. Gangguan nutrisi sebagai penyebab keterlambatan erupsi gigi ini disebabkan karena asupan vitamin D kurang serta dan kekurangan mineral seperti kalsium dan fosfor.

Vitamin D diperlukan untuk kalsifikasi normal bagi perkembangan tulang dan gigi, begitu juga dengan kalsium dan fosfor yang berfungsi sebagai unsur penyusun dan pembentuk tulang dan gigi. Sehingga, kekurangan komponen-komponen ini menyebabkan gangguan kalsifikasi saat pembentukan tulang dan gigi. Tentunya ini bisa menyebabkan gigi anak telat tumbuh.

  • Kekurangan protein

Tidak sedikit anak-anak dengan gangguan waktu erupsi gigi lebih lambat diketahui kurang mengonsumsi makanan berprotein seperti telur, ikan, daging, dan lain-lain. Karena tidak hanya vitamin D, kalsium, dan fosfor yang berpengaruh pada tumbuh kembang gigi. Peran protein juga sama pentingnya, akibatnya kekurangan protein juga menyebabkan gigi jadi rentan berlubang. Ini karena protein merupakan komponen penting bagi struktur gigi.

  • Gigi susu tanggal terlalu cepat

Ternyata, faktor gigi susu yang tanggal atau lepas terlalu cepat dari waktu normalnya juga berpengaruh, lho. Hal ini disebut dengan eksfoliasi prematur gigi-geligi sulung. Kehilangan gigi-geligi sulung yang terlalu cepat dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti trauma, pencabutan karena karies atau gigi berlubang, atau karena adanya letak benih gigi yang salah. Apabila gigi sulung lepas sebelum gigi penggantinya memasuki tahap pra-erupsi, maka dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan gigi permanennya.

  • Trauma pada gigi susu

Trauma pada gigi susu dapat menyebabkan beberapa kelainan yang berdampak pada keterlambatan erupsi gigi. Kelainan yang dapat muncul dari trauma ini antara lain ankilosis, dilaserasi, dan konkresensi. Masalah trauma pada gigi susu ini juga termasuk dalam keterlambatan erupsi yang terjadi secara lokal.

  • Adanya penyakit sistemik

Penyakit sistemik juga turut berperan pada tumbuh kembang gigi, seperti halnya keterlambatan pertumbuhan gigi secara menyeluruh. Penyakit sistemik yang berdampak pada gangguan erupsi gigi permanen ini antara lain sindrom Down, cleidocranial dysplasia, hipotiroidisme, hipopituarisme, dan hemifacial atrophy.

Erupsi gigi pada anak dengan sindrom Down biasanya mengalami keterlambatan waktu erupsi gigi, sekitar 2-3 tahun dari waktu normal. Pada dasarnya, waktu tumbuh gigi permanen anak memang tidak selalu sama dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Itulah penyebab dari gigi permanen anak yang terlambat tumbuh.