Agar Gak Mudah Sakit, Inilah Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik!

Hidup Sehat – Selama ini, masyarakat mengetahui bahwa salah satu cara untuk memperkuat sistem imun adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin, buah dan sayur serta berolahraga secara rutin. Namun, ada pula bahan-bahan herbal yang juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas. Terlebih kita tinggal di Indonesia, negara dengan segudang tanaman herbal yang siap untuk dieksplor.

Salah satu kunci untuk tetap sehat di tengah pandemik COVID-19 yang masih berlangsung adalah dengan memastikan sistem imun tetap terjaga. Sebab, ketika tubuh terserang virus atau bakteri, merekalah yang bertugas untuk memeranginya.

  • Ginseng

Tumbuhan herbal pertama yang banyak digunakan masyarakat Tiongkok adalah ginseng, karena tumbuhan akar ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Ada dua penyusun utama yang membuat ginseng menyehatkan, yaitu ginsenosides dan gintonin. Kandungan di dalam ginseng secara efektif memperkuat sistem imun tubuh. Cara kerjanya adalah dengan mempertahankan kemampuan homeostasis serta mengontrol aktivitas sel imun. Dengan begitu, tubuh lebih tahan terhadap serangan berbagai patogen.

  • Jamur Cordyceps

Tumbuhan herbal yang satu ini mungkin cukup asing di telingamu. Cordyceps merupakan jamur parasit yang tumbuh di larva serangga. Mereka menumpang dan mengambil nutrisi serangga hingga tubuhnya membesar dan sang larva mati. Walaupun terdengar jahat, ternyata jamur cordyceps memiliki banyak manfaat untuk manusia, mulai dari mencegah penuaan dini serta membantu penanganan diabetes tipe 2 hingga menyehatkan jantung dan paru-paru.

  • Asupan Probiotik

Probiotik merupakan asupan makanan yang mengandung bakteri baik. Bahan yang satu ini biasanya berkaitan erat dengan kesehatan pencernaan. Kamu bisa menemukannya di dalam yoghurt, tempe, dan makanan fermentasi lainnya. Tak hanya itu, probiotik juga bisa dimanfaatkan sebagai penguat sistem imun. Bahan tersebut juga mampu meningkatkan produksi sel imun seperti IgA, T limfosit, dan lain sebagainya. Dengan konsumsi probiotik bisa mencegah frekuensi dan tingkat keparahan infeksi pernapasan hingga 17 persen. Ini membuktikan bahwa probiotik cocok dikonsumsi di tengah pandemik seperti sekarang ini.

  • Propolis

Propolis ini merupakan bahan mirip resin yang digunakan lebah untuk membuat sarang. Itulah kenapa kita bisa mendapatkan asupan ini dari sarang lebah. bahan herbal tersebut dipercaya memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur, serta antiperadangan. Terlebih propolis terbukti bisa memperkuat sistem imun kita dan berperan sebagai immunomodulator atau mengatur fungsi dan aktivitas sistem imun serta ampuh untuk mencegah penyakit pernapasan atas.

  • Jahe

Herbal lain yang juga sering digunakan masyarakat adalah jahe yang dapat menghangatkan paru, dan pada penelitian juga didapakan bukti berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Jahe, tumbuhan rimpang yang banyak tumbuh di Indonesia ini kaya akan manfaat. Sebab, jahe memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan yang sangat kuat. Salah satu khasiatnya adalah memperkuat sistem imun tubuh. antioksidan berupa gingerols, shogaol, dan paradols yang dikandung oleh jahe bahkan bisa mencegah berbagai macam kanker. Salah satu cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan rebusan jahe dengan madu.