11 Jenis Tanaman Penjernih Udara Cocok Ditaruh di Kamar, Dijamin Tidur Jadi Nyenyak!

Hidup Sehat – Kamar tidur menjadi ruangan yang paling lama ditinggali ketika sedang berada di rumah, jadi kenyamanan ruangan ini sangat perlu diperhatikan. Memberikan tanaman indoor dalam kamar tidur bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan rasa nyaman lho.

Tanaman indoor juga terbukti ampuh memperbaiki kualitas oksigen di dalam rungan. Nah kualitas oksigen yang baik ini bisa membuat kamu menjadi rileks dan nyaman. Selain itu, oksigen juga bisa membuat tidur malam semakin nyenyak.

1. Pothos

Pothos termasuk jenis tanaman yang dapat memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Kamu bisa menaruh tanaman hias ini di meja nakas atau pun sebagai tanaman gantung.

2. Sansivera (lidah mertua)

Tanaman hias ini memang sudah dikenal lama sebagai penghasil oksigen yang sangat mudah dipelihara. Untuk memeliharanya, kamu hanya membutuhkan area dengan cahaya yang cukup dan menyiramnya dengan sedikit air.

3. Monstera

Saat ini monstera sedang dicintai oleh para penikmat tanaman hias. Bentuk daunnya yang unik, perawatan yang mudah, dan bisa menjernihkan udara membuat monstera layak menjadi tanaman hias favorit.

4. Anthurium

Anthurium menjadi salah satu tanaman bunga indoor yang disukai pecinta tanaman. Dikenal kuat, bunga anthurium bisa bertahan sampai 8 minggu lho. Untuk perawatan yang maksimal, kamu hanya memerlukan ruangan dengan cahaya dan kelembapan yang tinggi.

5. Dracaena

Dracaena mempunyai daun yang ramping dan meninggi hingga cocok ditaruh di kamar yang tidak terlalu lebar. Meski pun begitu, tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter lho.

6. Heartleaf Philonderon

Daunnya yang berbentuk hati membuat heartleaf philenderon terlihat cantik di kamar tidurmu. Cobalah menaruh tanaman hias ini di atas nakas atau rak buku, pasti kamar tidur makin terlihat nyaman deh!

7. Aglonema

Diminati oleh banyak orang, kecantikan aglonema memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kamu bisa memilih aglonema berdaun merah atau perak untuk memperindah kamar tidurmu.

8. Lady palm

Lady palm bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk di kamar dengan cahaya yang terang. Untuk pertumbuhan yang maksimal, kamu bisa menempatkan lady palm ini di dekat jendela yang menghadap timur dan beri penyiraman secukupnya.

9. Lavender

Bunganya yang berwarna ungu dan berukuran mungil memang terlihat manis jika ditaruh di samping tempat tidur. Gak hanya enak dilihat, aroma lavender yang lembut ini juga dapat mengusir nyamuk lho.

Namun ingat ya, tanaman lavender tetap membutuhkan cahaya matahari langsung. Biasanya hal ini ditandai dengan warna bunganya yang memudar. Jika kamu melihat bunga lavender berwarna ungu pucat, pindahkanlah tanaman ini di luar rumah hingga warna bunga menjadi lebih cerah. Jika warnanya sudah cerah, kamu bisa memasukkan lavender ke dalam kamar tidur lagi.

10. ZZ plant

ZZ (Zamioculas Zamiifolia) plant adalah tanaman indoor yang mentolerir cahaya rendah dan penyiraman yang tidak teratur. Daunnya yang ramping, tegas, dan mengkilap menjadikan ZZ plant sebagai tanaman hias yang pas ditaruh di atas lantai kosong atau meja.

11. Lucky Bamboo

Seperti namanya, lucky bamboo dianggap membawa rejeki, keberuntungan, dan pesona bagi siapa pun yang merawatnya. Tanaman hias yang dikenal kuat ini bisa beradaptasi dengan baik pada kondisi ruangan dengan cahaya yang rendah.