Nikmatnya 6 Minuman Herbal Indonesia Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup Sehat- Indonesia memiliki cukup banyak minuman herbal tradisional yang menyegarkan untuk diminum, selain itu memiliki manfaat baik untuk kesehatan dan pengobatan. Terlebih lagi di tengah pandemi virus corna seperti sekarang ini yang sedang mewabah di seluuruh dunia.

Anda perlu mengambil tindakan pencegahan terhadap virus corona, dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah diantaranya adalah tetap di rumah saja dan menghindari kontak dekat dengan orang lain, Tidak hanya itu, anda juga harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit ini dengan cara mengonsumsi makanan dan minunam herbal yang menyehatkan.

Untuknya ada begitu banyak minuman herbal Indonesia yang biasa Anda coba untuk di rumah. Minuman ini tidak hanya hangat dan merilekskan namun juga sangat baik untuk tubuh. Dikutip dari halaman web resmi travel indo, berikut 6 rekomendasi minuman herbal yang mempunyai banyak dampak pada kesehatan :

1. Teh Talua

Beberapa orang menyebutnya “Eggnog Indonesia”, namun minuman ini halal karena tidak mengandung alkohol sama sekali. Teh Talua pada dasarnya adalah teh dengan kuning telur dan rempah-rempah yang berasal dari Sumatera Barat. Resep ini membutuhkan bahan-bahan sederahana yang dapat Anda temukan dengan mudah di dapur Anda. Seperti kuning telur ayam kamoung, teh hitam, gula pasir, susu kental manis, jeruk nipis, bubuk kayu manis dan air.

Untuk membuatnya, pertama-tama kocok kuning telur dan gula dengan kecepatan tinggi sampai campuran menjadi kental, tuangkan campuran tersebut ke dalam cangkir, tambahkan susu kental manis, laku tambahkan air teh yang telah direbus dengan air panas ke da;lam cangkir berisi campuran yang telah dibuat. Kemudian tambahkan beberapa air jeruk nipis dan bubuk kayu manis.

2. Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman yang mengandung rempah-rempah dan disajikan tanpa filter. minuman ini memiliki rasa manis dan pedas serta memiliki aroma yang harum. Wedang uwuh adalah minuman tradisional penghangat yang berasal dari Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wedang Uwuh memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti kaya akan antioksidan dan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk membuat minuman ini perlu disiapkan bahan-bahan, seperti jahe, cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis kering , daun pala kering, kayu secang, dan gula batu. Proses pembuatannya, panggan jahe di atas api lalu hancurkan, masukan jahe tersebut ke dalam rebusan air, lalu tambahkan bahan-bahan lainya dan tunggu hingga air berubah warna merah. Tuang ke dalam gelas, dan asjikan dalam keadaan hangat.

3. Bajigur

Minuman populer yang hangat, lezat, dan cocok dikonsumsi di malam hari ini berasal dari Jawa Barat. Minuman ini biasanya disertai dengan makanan ringan seperti pisang goreng atau singkong goreng. Resepnya telah berkembang dari waktu ke waktu dan bahan-bahan lain pun telah ditambahkan ke dalamnya.

Jika anda ingin membuat Bajigur, maka siapkan 1 liter santan, 150 gram gula aren, 100 gram jahe lalu sangrai dan memarkan, 2 batang serai yang dimemarkan, 5 daun pandan, kayu manis berukuran 5 cm, 1 sendok makan kopi bubuk instan.

Proses pembuatannya, masukan 1 liter santan cair ke dalam panci di atas api sedang, tambahkan irisan gula aren, kemudian masukkan jahe, serai, daun pandan, dan kayu manis ke dalam panci, tunggu sampai mendidih dan berbusa, lalu masukkan bubuk kopi instan, aduk merata dan saring ke dalam cangkir.

4. Sarabba

Masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan memiliki minuman herbaal tradisional yang disebut dengan Sarabba, yang rasanya menyegarkan. Sarabba menggabungkan jahe dengan gula merah atau aren, bubuk kayu manis, bubuk pala, santan,m bubuk merica, dan kuning telur ayam kampung. Ini merupakan minuman yang benar-benar unik dan bergizi.

Untuk membuatnya, teleb ih dahulu rebus gula merah dalam air sampai larut, tambahkan jahem kayu manis, pala, dan merica. Masak selama 10 menit sampai aroma jahe keluar. Lalu perlahan-lahan tambahkan santan kental dan terus aduk, kemudian tuangkan campuran tersebut ke dalam cangkir, dan tambahkan 1 kuning telur dan aduk merata.

5. STMJ

STMJ adalah singkatan yang berarti Susu Telur Madu Jahe. Minuyman ini sangat populer di Jawa, banyak penjual makanan dan warung pinggir jalan yang menawarkan minuam ini dengan harga terjangkau dan baik untuk kesehatan. Berasal dari Malang, Jawa Timur, minuman ini sebenarnya merupakan adapatasi dari resep susu jahe asli.

Dengan bahan-bahan seperti susu cair, jahe yang memarkan, madu murni, telur ayam kampung dan merica bubuk. Proses pembuattannya, rebus susu dengan jahe lalu tuang ke dalam cangkir, masukkan telur dan aduk cepat agar tidak mengental, lalu tambbhakan merica dan madu. Aduk rata dan hidangkan selagi hangat.

6. Bandrek

Bandrek adalah minuman hangat yang sehat berbahan dasar dari jahe, gula aren, dan serai. Berasal dari Jawa Barat. Bandrek sangat cocok untuk cuaca dingin dan hujan kaerna akan menghangatkan Anda dan membuat Anda merasa segar. Untuk membaut bandrek terdapat bahan yang dibutuhkan meliputi air mineral, gula merah halus, serai yang dihancurkan, jahe sangrai yang ditumbuk, garam, daun panda, dan susu kental manis.

Untuk membuatnya, rebus gula dengan air, masukkan daun pandan yang telah diikat seperti pita, tambahkan jahe dan serai, aduk hingga rata. Setelah itu masukkan garam lalu cicipi hingga rasa sudah pas. Terakhir tambahkan susu kental manis kedalam minuman tersebut dan sajikan.

Selagi di rumah saja, Anda bisa mencoba memnbuat dan mengkonsumsi beberapa minuman herbal tradisional ini. Selain dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, hal ini juga akan membatnu megnatasi rasa bosan saat di rumah saja.