Cara Tingkatkan Imun Tubuh untuk Cegah Virus Corona

Hidup Sehat- Salah satu cara menghindari tubuh dari infeksi virus corona adalah menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh, selain dijaga imun tubuh juga harus ditingkatkan. Hal itu bertujuan agar tetap sehat, selain tetap mengikuti protokol kesehatan yang sesuai dengan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.

Sistem imun tubuh dapat ditingkatkan dengan berbagai cara seperti menerapkan pola hidup yang sehat. Selain itu asupan vitamin D dan C juga bermanfaat sebagai antioksidan yang baik. Kedua cara tersebut dapat membantu tubuh terhindar dari virus corona.

Berikut ini beberapa cara untuk memperkuat sistem imun tubuh agar terhindar dari virus corona :

1. Tidur Cukup

Dikutip dari Healthline, tidur dan kekebalan memiliki keterikatan yang sangat erat. Kualitas tidur yang tidak baik atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 164 orang dewasa yang sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap hari lebih mungkin terkena flu daripada mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap harinya.

Istirahat yang cukup juga dapat memperkuat kekebalan alami. Tidur lebih banyak saat sakit juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Orang dewasa memerlukan tidur selama 7 jam atau lebih, sedangkan remaja membutuhkan 8 sampai 10 jam dan anak-anak 14 jam setiap harinya.

2. Lebih Banyak Mengonsumsi Makanan Nabati

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami adalah dengan mengonsumsi buah-buahan, sayur dan biji-bijian. Semua makanan ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dengan melawan senyawa tidak stabil yang biasa dikenal dengna radikal bebas dan bisa menyebabkan peradangan saat menumpuk di tubuh dalam kadar yang tinggi.

Serat yang ada dalam makanan nabati memberi makan mikrobioma usus atau komunitas bakteri sehat di usus. Mikrobioma usus atau komunitas bakteri sehat di usus. Mikrobioma usus yang kuat dapat meningkatkan kekebalan dan membantu mencegah patogen berbahaya memasuki tubuh melalui saluran pencernaan. Buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C juga bisa mengatasi flu biasa.

3. Berolahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik tidak hanya untuk membangun otot saja namun juga bisa membantu menghilangkan stres. Berolahraga juga menjadi bagian penting dari kesehatan dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Salah satu cara olahraga yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh adalah dengan meningkatkan sirkulasi secara keseluruhan sehingga lebih mudah bagi sel-sel kekebalan dan molekul pelawan infeksi lainnya untuk bergerak lebih mudah ke seluruh tubuh.

Untuk meningkatkan sistem imun dibutuhkan olahraga secara teratur minimal selama 30 menit setiap hari.

4. Kurangi Stres

Upaya untukk meningkatakan imun tubuh pada ibu hamil atau beberapa orang lainnya yakni dengan mengurangi stres. Selama periode stres, khususnya stres kronis yang dialami dalam jangka waktu yang lama, tubuh akan merespon dengan menekan sistem kekebalan tubuh dan berpotensi meningktakan infeksi yang terjadi.

5. Terdehidrasi Dengan Baik

Salah satu cara lainnya untuk meningkatkan imun tubuh disaat pandemi adlaah dengan mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Air memainkan peran penting dalam tubuh termasuk sistem kekebalan tubuh. Cairan dalam sistem perederan darah yang disebut getah bening dapat membawa sel-sel kekebala yang melawan infeksi ke seluruh tubuh anda yang sebagai besar terdiri dari air.

Dehidrasi dapat menghambat pergerakan getah bening yagn terkadang menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Bahkan jika tidak berolahraga atau mengeluarkan keringat, anda akan terus kehilangan air melalui napas, urin dan buang air besar.