Makanan yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat

Hidup Sehat- Asam urat adalah penyakti yang ditandai oleh serangan nyeri sendi yang berulang-ulang dan mendadak, para pengidap asam urat harus memperhatikan pola makannya. Termasuk dengan makanan apa saja yang tidak boleh oleh dikonsumsi dan juga yang wajib dikonsumsi oleh para penderita asam urat.

Jika tidak mengerti dengan jenis makanan yang dilarang maka para penderita akan merasakan nyeri, kemerahan dan peradangan. Dikutip dari medicalnewstoday, asam urat paling rentan menyerang pria, namun juga dapat menyerang wanita saat memasuki umur 60 ketas. Asam urat bisa dimulai secara tiba-tiba, seringkali pada malam hari dan bisa bertahan dari 1-10 hari. Gejala akan terasa paling menyakitkan selama 24 jam pertama.

Asam urat pada umumnya menyerang persendian pada bagian kaki. Sendi yang terkena akan mengalami eritema, hangat, bengkak dan akan memberikan rasa nyeri. Tanpa pengobatan, asam urat bisa menyebar ke persendian lain di tubuh, baik di tungkai atas maupun bawah.

Ada beberapa bukti ilmiah bahwa mengonsumsi jenis makanan tertentu dapat memicu asam urat. Pada tahun 2004, peneliti menemukan bahwa beberapa purin, yang ada dalam makanan hewani dan nabati, dapat memperburuk gejala asam urat. Hal ini karena tubuh mengubahnya menjadi gumpalan yang bisa menyebabkan asam urat. Studi tersebut menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan hewani yang tinggi purin dapat meningkatkan risiko penyakit asam urat. Namun hal ini tidak berlaku pada makanan nabati yang mengandung purin.

Para peneliti mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu dapat mengurangi kemungkinan terserang asam urat. Makanan yang wajib dihindari oleh para penderita asam urat diantaranya adalah daging merah dan daging organ seperti hati atau ginjal yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi, makanan laut seperti udang, sarden, teri, lobester, cumi dan lainnya. Selain itu pendidap asam urat tidak boleh mengosumsi minuman yang terlalu manis yang mengandung fruktosa tinggi dan juga alkohol terutama minuman keras juga bir.

Sedangkan makanan yang dianjurkan harus dikonsumsi oleh penderita asam urat ada produk susu lemak seperti keju cottage dan yogurt, minyak nabati seperti minyak zaitun dan alpukat, makanan kacang-kacangan seperti buncis dan kacang polong. Secara menyeluruh, pola makan nabati lebih bermanfaat daripada makanan yang memiliki kandungan tinggi lemak. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena peningkatan konsumsi serat, buah, sayur, dan lemak tak jenuh tunggal. Berdasarkan studi penelitian yang dilakukan, orang yang menderita asam urat lebih berisiko terkena masalah jantung. Oleh sebab itu jangan lupa menghindari makanan yang dilarang untuk pengidap asam urat.