Memiliki Banyak Khasiat, Kopi Sangat Nikmat Diminum Di Pagi Hari

Hidup Sehat- Banyak orang-orang yang memulai harinya dengan secangkir kopi di pagi hari, hal ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu karena manfaat kesehatan minum kopi.

Minum kopi sekarang ini sudah menjadi gaya hidup dari berbagai kalangan mulai dari yang mudah bahkan yang sudah berumur. Karena tingkat konsumsi di dunia makin meningkat, tidak hanya menyeduah kopi atau menikmati aromanya yang khas saja. Namun biji yang dihasilkan dari buah kopi telah di buktikan melalui berbagai penelitian bisa mmeberikan khasiat kesehatan.

Biji kopi sendiri merupakan seumber antioksidan yang besar karena mengandung asam klorogenik. Bukan menjadi suatu hal tabu jika khasiat kopi menjaga kesehatan jantung, memperpanjang umur, memangkas lemak hingga mencegah beragam jenis penyakit kanker yang dibuktikan melalui beragam penelitian di berbagai negara.

Para ahli merekomendasikan untuk minum kopi hitam tanpa gula agar mendapakan khasiat sehatnya. Untuk takarannya dianjurkan empat cangkir sehari. Kandungan kafein dalam kopi tidak hanya bisa bikin mata melek tapi ada banyak manfaat lainnya. Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat sehat kopi yang sudah dibuktikan dengan penelitian :

1. Membantu Fikiran Fokus

Kopi mengandung kafein yang bisa membuat orang bisa lebih konsentrasi. Studi peneliatan yang dilakukan pada tahun 2020 ditemukan bahwa orang yang diberikan pil kafein 200 mg atau setara dengan secangkir kopi kemampuan memecahkan masalah menjadi lebih meningkat.

Peneliti mengungkapkan adanya perbuhan mulai dari meningkatnya fokus, akurasi dan durasi saat memecahkan suatu masalah. Namun pada penelitian tersebut tidak ditemukan perubahan bisa berpikir lebih kreatif. Studi penelitian sama dilakukan pada tahun 2018, menemukan bahwa dengan mencium aroma kopi dapat membantu kemampuan matematika seseorang.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Minum kopi bisa membantu mencegah penyakit kanker, hal ini di dinyatakan oleh WHO pada tahun 2016 setelah melakukan peninjaun pada berbagai data. Tidak terdapat bukti yang kuat pada efek karsiogenik pada saat minum kopi.

Kenyataannya, bukti-bukti pada beberapa studi terkait menunjukkan peran kopi sebagai pencegah kanker payudara dan usus besar. Juga dapat membantu menurunkan risiko mengidap penyakit kanker. Minum kopi juga memiliki kaitan dengan penururan risiko kanker pada mulut dan kulit.

3. Memperpanjang Usia

Telah banyak studi yang dilakukan dan mayoritas menunjukkan dengan minum banyak kopi maka usia semakin panjang. Kafein yang ada pada kandungan kopi dinilai tidak berpengaruh. Sebuah studi menemukan pria yang minum kopi enam cankir atau lebih seiap hari, memiliki penurunan risiko kematian 10%. Sementara wanita yang minum kopi dengan takaran yang sama, maka akan mengalami penurunan risiko kematian sebesar 15%.

4. Membangkitkan Gairah Seks

Kebanyakan orang tidak percaya jika mengonsumsi kopi bias menambah gairah seksual. Namun dalam sebuah studi menemukan hasil bahwa pria yang minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap harinya lebih cenderung terhindar dari disfungsi ereksi.

Hal ini berlaku pada pria yang mengalami obesitas, kelebihan berat badan atau hipertensi. Namun, pada sebuah riset tidak melihat penurunan pada pria diabetes. Diyakini kafein menciptakan efek farmakologi yang dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar termasuk pada organ-organ intim.

5. Mencegah Dementia

Menurunnya daya ingat pada seseorang bisa terjadi pada orang yang sudah berumur. Sebuah studi yang baru-baru ini dimuat dalam jurnal Nature menunjukan hasil zat dalam kafein bisa membentuk sebuah enzim yang bisa menurunkan risiko dementia. Hasil sama juga ditemukan pada studi tahun 2016 yang dilakukan kepada wanita berusia 65 tahun, dimana studi tersebut menunjukkan 36% mengalami pengurangan insiden dementia. Hal ini terjadi pada mereka yang minum kopi dengna takaran dua sampai dengan tiga kopi setiap harinya.

6. Mencegah Penyakit Hati

Kopi dapat menekankan risiko penyakit kanker pada hati dan juga gangguan organ hati salah satunya kematian yang disebabkan oleh pengecilan hati dan fibrosis. Namun yang lebih penting, kopi bisa membantu mencegah penyakit hati berlemak, sebuah kondisi yang dialami oleh mayoritas orang Amerika. Penumpukan lemak pada hati sendiri disebabkan oleh gaya hidup yang buruk.

Kafein yang ada pada kopi saat yang dicerna dapat membentuk zat paraxanthine yang dapat memperlambat pertumbuhan jaringan parut pada fibrosis. Manfaat ini bisa didapatkan saat mengonsumsi semua jenis kopi.