Jenis Jamu Tradisional Untuk Mencegah Gejala Corona

p Sehat- Kebiasaan minum jamu tradisional sudah dilakukan oleh mayoritas masyarakat Indonesia sejak dulu, jamu merupakan minuman dengan berbagai manfaat kesehatan. Jamu pada umumnya diracik dengan berbagai campuran bahan alami seperti kunyit, kencur, temulawak, jahe dan serai.

Untuk membuatnya pun dinilai cukup mudah dan bisa dibuat sendiri di rumah masing-masing. Untuk meracik jamu sederhana cukup dengan mencampurkan beberapa rempah yang dinilai cocok yang kemudian dinikmati hangat-hangat. Pada saat pademi seperti sekarang ini, semua dituntut untuk selalu menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan yang ada sesuai dengan anjuran pemerintah. Salah satu upaya pencegahan terhadap virus Corona yang banyak mawabah di Indonesia bahkan dunia ini adalah dengan cara menjaga sistem imun tubuh,

Membahas soal jamu tradisional, Presiden Jokowi juga minum jamu setiap hari. Ia biasa minum itu, temulawak, jahe, sereh dan kunyit yang dicampur menjadi satu dan diminum satu hari sekali setiap pagi. Sekarang karena ada pandemi seperti sekarang ini Pak Jokowi minum jamu tiga kali dalam sehari. Hal itu diungkapkan oleh beliau pada saat membuka acara The 2nd Asian Agriculture & Food Forum di Istana Negara, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Ini dia beberapa jenis jamu tradisional rempah-rempah yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

1. Kunyit

Kunyit menjadi salah satu jenis jamu tradisional yang sering diracik oleh masyarakat Indonesia. Kunyit sendiri memiliki kandungan kurkominoid dan minyak atsiri. Selain itu kunyit juga mengandung senyawa yang dapat mencegah terjadinya radikal bebas.

Kandungan antioksidan pada kunyit juga bisa bermanafaat untuk kesehata. Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, jika antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi maka dapat mencegah terjadinya radikal bebas yang merupakan penyebab penyakit kanker. Masih banyak manfaat lainya walau masih dibutuhkan beberapa penelitian lanjutan untuk membutikannya, pada penelitian awal mengindikasikan curcumin membantu mencegah beberapa kanker seperti prostat, kulit dan usus besar.

Jamu yang terbuat dari kunyit juga dapat membantu meredakan rasa nyeri radang sendi. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak kunyit dapat meringankan rasa sakit osteoarthiritis atau nyeri radang sendi. Dalam sebuah penelitian juga membuktikan bahwa kunyit dapat bekerja sebaik ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit dari osteoarthritis.

2. Temulawak

Temulawak juga bisa membantu mencegah virus corona karena bisa membut sistem imun tubuh meningkat. Jika diminum secara teratur. Temulawak memiliki berbagai kandungan senyawa kimia, mulai dari kurkominoid, glikosida hingga minyak atsiri.

Kurkominoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin yang bermanfaat untuk menetralkan racun, menghilangkan rasa nyeri, antibakteri dan antioksidan.

3. Kencur

Kencur populer sebagai salah satu jamu tradisional untuk mengatasi masuk angin atau juga flu. Untuk mendapakan ini anda bisa menumbuk halus kencur yang ditambah dengan air hangat. Jamu ini bisa beguna juga sebagai inhaler.

Manfaat kencur lainnya adalah membantu mengencerkan dahak, melegakan tenggorokan dan menyembuhkan batuk. Kencur juga dapat memberikan efek anti inflamasi dan antioksidan. Kencur juga bisa dapat meningkatakan nafsu makan pada anak-anak yang mengalami susah makan. Dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik tentu dapat berpengaruh terhadap stamina tubuh,

4. Bawang Putih

Bawang putih juga sering menjadi campuran jamu, karena bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu disebabkan karena kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang ada pada bawang putih cukup tinggi.

5. Jahe

Biasanya jahe digunakan sebagai campuran berbagai jamu tradisional. Rempah yang memiliki aroma khas ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jahe juga dapat mencegah mual dan muntah.

Selain itu jahe juga terbukti daoat meredakan mual pada saat hamil. Antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung dalam jahe dapat melawan bakteri-bakteri yang menyerang tubuh.

Itulah jenis-jenis jamu tradisonal yang populer untuk di Indonesia sampai dengan sekarang ini. Jamu tersebut diracik untuk membantu menjaga stamina tubuh, dengan sistem imunitas yang terjaga dengan baik maka kita dapat terhindar dari gejala virus Covid-19.