5 Manfaat Kesehatan Minum Teh Hitam Pada Pagi Hari

Hidup Sehat- Selain teh hijau, teh hitam juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga mendapatkan tambahan energi tubuh.

Menjadi salah satu teh yang paling populer di berbagai negara, teh hitam sudah dikonsumsi oleh masyarakat China dan Inggris sejak dulu. Teh in berasal dari daun Camelia Sinesis, yang diolah hingga mengalami oksidasi dan warnanya menjadi kehitaman dengan aroma yang khas.

Para ahli menjelaskan bahwa teh hitam bahwa teh hitam memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Terutama jika teh hitam diminum pada saat pagi hari, di mana teh ini juga memiliki kandungan kafein yang membuat tubuh lebih segar di pagi hari.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat minum teh hitam saat pagi hari.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada banyak faktor yang membuat teh hitam mampu membantu menurunkan berat badan. Menurut studi yang dimuat dalam sebuah jurnal berjudul European of Nutrition, teh hitam dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu teh hitam memiliki kandungan sebesar 50-80 mg kafeiin setiap satu cangkirnya. Kafein sendiri juka diminum dalam takaran yang wajar bisa membantu menambah energi, sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh.

Pada sebuah studi terkait kafein pernah dipublikasikan di jurnal European of Clinical Nutrition. Para peneliti melakukan studi efek kafein pada metabolisme tubuh 12 orang dewasa. Mereka mengonsumsi kafein sebesar 50 mg untuk memicu metabolisme.

2. Menambah Energi dan Fokus

Mengandung kafein dengan kadar tinggi dibandingkan jenis teh lainnya, teh hitam bisa memberikan asupan energi di pagi hari. Teh ini memiliki kandungan asam amino bernama L-theanine, yang mampu mengubah kafein menjadi lebih baik. Melalui studi yang dimuat dalam jurnal Nutrition Reviews, teh hitam mampu meningkatkan asupan energi ke dalam tubuh yang berasal dari kandungan L-theanine dan kafeinnya membantu tubuh menjadi lebih fokus

Hal itu dibuktikan dalam sebuah studi di aman orang-orang yang minum teh hitam mempunuyai tingkat energi dan fokus yang lebih lama. Sementara pada penelitian lainnya, orang-orang yan minum teh hitam dapat melakukan beberapa tugas atau pekerjaan lebih baik dibandingkan yang tidak minum teh sama sekali.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Teh hitam memiliki kandungan flavonoid yang bisa membantu mengurangi terserna gpenyakit jantung. Teh ini juga berguna untuk mencegah penyakit stroke, serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Melalui penelitian yang dilakukan oleh Preventive Medicine, teh hitam memiliki dampak pada tekanan darah, hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hitam dapat mengurangi tekanana darah serta trigliserida tinggi. Diluar dari semua itu ada 9 studi yang meneliti elbih dari 200.000 pengidap stroke yang minum teh hitam secara rutin memiliki 23 persen risiko mengidap penyakit stroke yang lebih rendah.