Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Selama Pandemi

Hidup Sehat- Perbedaan jahe merah dan jahe biasa adalah rasanya yang lebih kuat, Jahe merah memiliki rasa pedas yang lebih tajam karena memiliki kandungan minyak tinggi. Minyak yang dimaksud adalah minyak atsiri, gigergol dan zingeronnya.

Jenis jahe yang populer dengan sebutan jahe sunti ini menjadi bahan penting dalam industri pengolahan jamu kemasan. Biasanya jamu tersebut dikemas dan dipasarkan dalam bentuk segar dan kering. Rebusan air jahe merah dapat dikonsumsi setiap hari untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya flu dan batuk.

Berikut, manfaat jahe merah untuk tubuh :

1. Mencegah Peradangan

Mnafaat jahe merah untuk pria ataupun pun wanita salah satunya adalah membantu mencegah peradangan. Hal ini karena jahe merah tedapat kandungan zat aktif seperti gingerol, gingerdione dan zingeron. Zat-zat tersebut bekerja untuk menurunkan zata alami yang memicu terjadinya peradangan dalam tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung oleoresin yang dapat membantu mencegah peradangan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tdiak hanya dapat memantu mencegah peradangan saja, manfaat jahe merah lainnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ekstrak jahe merah yang diseduh dengan iar hangat atau dicampurkan teh dapat mencegah dan membunuh berbagai bakteri berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan semakin menigkat. Terlebih saat terjadinya pandemi virus corona seperti sekarang ini. Jahe merah sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari Covid-19.

3. Mengurangi Nyeri Otot

Jahe merah bisa membantu mengurangi rasa nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga ataupun cedera. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada banyak orang mengonsumsi 2 gram jahe merah per hari secara rutin dalam waktu 11 hari beruntun. Dari penelitian tersebut didapati secara signifikan dapat mengurangi rasa nyeri otot yang banyak terjadi saat melakukan senam siku.

Dampak memang tidak bisa dirasakan secara langsung, namun dengan mengonsumsi jahe merah tentu sangat efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada otot sehari-hari. Dengan begitu tubuh akan terlihat lebih segar dan tidak mengalami kecepekan.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gejala gangguan pencernaan kronis atau dispepsia ditandai dengan rasa nyeri dan tidak nyaman yang berulang kali pada bagian atas perut. Pola makan dan pola hidup merupakan faktor utama penyebab gangguan pada penceranaan. Jahe telah terbukti untuk mempercepat pengosongan perut pada orang dengan kondisi ini.

5. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Sering terserang oleh radikal bebas membuat kulit menjadi lebih kusam. Jahe merah memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik sehingga dapat membantu menjaga anti aging alami. Kandungan antioksidan yang ada dalam jahe merah dapat membantu menjaga kulit sehingga bisa tampak cantik dan sehat tanpa menggunakan bahan-bahan kimia.