Berbagai Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Hidup Sehat- Kunyit memiliki berbagai khasiat baik untuk kesehatan, tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai pelengkap bumbu masakan atau diolah menjadi minuman kesehatan.

Kunyit sudah dari dulu bermanfaat sebagai obat-obatan tradisional. Salah satu manfaat kunyit adalah dapat membersihkan infeksi dan radang yang berada di seluruh tubuh dan cocok dikonsumsi pada saat pandemi seperti saat ini karena bisa meningkatkan imun tubuh. Selain itu masih ada banyak lagi manfaat-manfaat yang dapat didapat ketika mengonsumsi kunyit, berikut manfaat kunyit dan jahe :

1. Mencegah Kanker

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah kanker. Kandung kurkumin yang ada dalam kunyit dapat membantu mencegah risiko kanker. Selain itu, zat antioksidan dan zat anti peradangan juga dapat membantu mengurangi risiko kerusakan mutasi sel dan kanker.

2. Kandungan Antioksidan Tinggi

Kunyit juga mengandung antioksidan yang kuat, menurut pusat medis Universitas Maryland. Jika kandungan antioksidan dalam tubuh sudah terpenuhi maka akan berpotensi untuk mencegah radikal bebaas yang merupakan penyebab kanker. Namun penelitian lanjutan masih diperlukan untuk benar-benar bisa menghasilkan hasil yang akurat. Pada penelitian awal, kurkumin bisa membantu mencegah beberapa penyakit kanker seperti kulit, usus besar dan kanker.

3. Meredakan Rasa Nyeri Sendi

Rasa nyeri pada sendi juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi kunyit. Beberapa penelitian membuktikan bahwa ekstrak kunyit dapat mengurangi rasa nyeri sendi. Sedangkan pada penelitan lain juga menyebutkan bahwa manfaat kunyit setara dengan kinerja yang dihasilkan ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit akibat osteoarthritis.

4. Melancarkan Pencernaan

Kunyit mengandung kurkumin yang bisa bekerja secara bersamaan dengan kantong empedu untuk menlancarkan pencernaan. Penelitian telah dilakukan untuk membuktikan, hasilnya kunyit bisa membantu meredakan perut kembung.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Kunyit dapat membantu mencegah penyakit jantung, sebab salah satu peneliti telah berhasil menunjukkan bahwa kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat membantu mencegah penumpukan plak yang menyumbat arteri sehingga berpotensi menyebabkan serangan jantung dan stroke.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat kunyit asam terhadap kesehatan sangatlah banyak, salah satunya ialah meningkatkan daya tahan tubuh. Karena kandungan antioksidan, anti peradangan dan anti baketeri di dalamnya. Kurkumin dalam jamu kunyit asam juga bisa menjadi modulator kekebalan tubuh untuk melawan virus atau penyakit yang akan menyerang tubuh.