Beberapa Penyebab Penis Mengecil dan Cara Mencegahnya

Hidup Sehat – Penis mengecil, memang bisa? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di benak Anda. Lantas, apakah benar penis dapat mengalami penyusutan? Guna menjawab hal tersebut, simak informasi selengkapnya berikut ini. Penis Mengecil, Mitos atau Fakta?

Jika Anda bertanya-tanya apakah penis bisa mengecil atau tidak, maka jawabannya adalah BISA. Namun, hal ini kerap tidak disadari oleh pria dikarenakan perubahannya yang memang tidak terlalu signifikan (di bawah 1 cm).

Penyusutan ukuran penis (penis shrinkage) bisa terjadi secara permanen. Akan tetapi, Anda jangan langsung khawatir karena pada beberapa kasus, penis yang mengecil dapat dikembalikan ke ukuran semula.

Penyebab Penis Mengecil

Ukuran penis pria bisa berbeda-beda yang mana hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti keturunan (genetik), ras, dan etnis. Akan tetapi, beberapa pria mungkin akan mengalami suatu kondisi ketika ukuran penisnya tiba-tiba menjadi lebih kecil dari ukuran I deal yang pernah dimiliki sebelumnya.

Apa yang menjadi penyebab penis mengecil tersebut? Berikut informasinya.

  1. Bertambahnya Usia

Penyebab yang pertama dan paling memungkinkan adalah usia. Ya, seiring bertambahnya usia, terjadi penumpukan lemak di dalam pembuluh darah arteri. Kondisi ini lantas menghambat aliran darah, termasuk yang menuju ke penis. Nah, oleh karena aliran darah menuju penis tidak lancar, secara otomatis memengaruhi ukuran penis, terutama saat ereksi.

  1. Luka pada Penis

Penyebab ukuran penis menyusut selanjutnya adalah adanya luka pada penis. Apa kaitan antara luka di penis dengan mengecilnya organ intim tersebut?

Jawabannya adalah karena luka lama-kelamaan akan membentuk jaringan parut di sekitar penis. Akibat adanya jaringan parut tersebut, ukuran penis akan berkurang, pun ereksi penis menjadi tidak maksimal. Munculnya luka yang berujung pada terbentuknya jaringan parut ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti gesekan yang terjadi saat berhubungan seksual atau berolahraga.

  1. Obesitas

Mereka yang mengalami kelebihan berat badan / obesitas juga sangat berpotensi untuk mengalami penyusutan ukuran penis. Hal ini tak lain disebabkan oleh adanya penumpukan lemak, terlebih jika penumpukan tersebut terjadi di perut bagian bawah.

Bahkan pada khasus obesitas yang tergolong parah, penis menjadi tidak terlihat dikarenakan tertutup oleh lemak. Oleh sebab itu, jaga agar berat badan anda tetap ideal guna menghindari penyusutan penis.

Cara mencegah penis mengecil

Seperti yang sudah disebutkan di awal, menyusut ukuran penis bisa saja bersifat permanen. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini menimpa anda? Inilah beberapa tips yang mungkin menjadi jawabannya.

  • Rajin berolahraga
  • Mengkonsumsi makanan bergizi
  • Tidak merokok
  • Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Menjaga berat badan

Pada khasus penyusutan penis yang disebabkan pengangkatan prostat, anda mungkin akan diberikan sejumlah jenis obat – obatan oleh dokter, terapi vakum yang bertujuan untuk meningkatkan aliran darah menuju penis.